Tingkatkan Profesionalitas, Unsur Satkal AAL Laksanakan Pemantapan Profesi Matra Laut

Spread the love

Jurnalline.com, AAL – Dalam rangka mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia , Unsur Satkal Akademi TNI Angkatan Laut melaksanakan program Pemantapan Profesi Matra Laut, Kamis, (21/9).

Hal ini disampaikan oleh Komandan Satuan KAL Kadet AAL Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo S.H., M.Tr.Opsla dalam Pelaksana Pemantapan Profesi Matra Laut tersebut.

“Program Pemantapan Profesi Matra Laut ini sekaligus untuk meningkatkan profesionalitas Prajurit Satkal dan Taruna AAL sebagai calon prajurit Matra Laut, karena dalam program ini dilaksanakan berbagai materi latihan sesuai teori dan drill yang sudah dilaksanakan dalam Uji Terampil L1 dan L2”, ungkapnya.

Untuk mendukung kelancaran kegiatan Pemantapan Profesi kali ini menggunakan dua Kapal Angkatan Laut (KAL) yakni KAL Kadet VIII-06 dengan Komandan Mayor Laut (P) Aldwin Hafid Harsandy dan KAL Kadet VIII-07 dengan Komandan Mayor Laut (P) Ardian Iwasaki Armawi, yang berlayar di perairan Gresik, Jawa Timur.

Kegiatan meliputi Apel Kelengkapan, Peran Persiapan Kapal Berlayar dan Bertempur, Peran Muka Belakang, Peran Parade, Peran Pemanduan dan Peran Jangkar serta Berlatih Kemampuan Tim Visit, Board, Search and Seizure (VBSS).

Selain itu Safety Induction dan Pengenalan Organisasi Kapal serta Pengenalan Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL juga dilatihkan.

Dilanjutkan materi latihan Peran Persiapan Kapal Berlayar dan Bertempur, Communication Check, Peran Muka Belakang, Departure Harbour, Peran Parade, Peran Pemanduan, Flaghois, Anchorex, Mobex, Dcex, Flashex dan Pubex.

Kemudian para Taruna bersama prajurit KAL Kadet melaksanakan latihan Peran Jangkar, Peran Pemanduan, Peran Parade, Entry Harbour dan Peran Muka Belakang.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.