Tok, Sidang Wanbangopstik TNI AL ke-78 Resmi Dibuka Kadisopslatal

Spread the love

Jurnalline.com, TNl AL-Dispen Puspenerbal (20/9/2023). Tok palu sidang diketuk, pertanda Sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) ke-78 TNI AL TA.2023 resmi dibuka Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kadisopslatal), Laksma TNI Sigit Santoso mewakili Asops Kasal Laksda TNI Denih Hendrata di Wisma Perwira Lanudal Juanda Puspenerbal, Rabu (20/9/2023).

Wanbangopstik yang berlangsung dua hari (20-21/9) ini, mengusung tema “TNI AL melaksanakan sidang Wanbangopstik ke-78 TA.2023 di Puspenerbal guna menyusun petunjuk teknis dan petunjuk referensi bidang operasi dan latihan dalam rangka mendukung tugas TNI AL”.

Pembukaan yang diawali dengan Laporan Ketua Panitia Pelaksana Kolonel Laut (P) Gugus Wahyu yang sehari hari menjabat sebagai Dankolat Penerbal Puspenerbal ini, dihadir Kepala Staf Koarmada ll, Danpuskopaska, Puskopaska, Dirops Puspenerbal, Dirlambangja Puspenerbal, Danwing Udara 2, Danlanudal Juanda, Wadan Pasmar 2 dan 42 peserta sidang lainnya.

Selain peserta yang hadir di Wispa Juanda, peserta lainnya diluar Surabaya mengikuti secar daring seperti Koarmada I, Koarmada III, Subdis Stratikops Disopslatal, Kolat Koarmada dan peserta undangan Vicon lainnya.

Asops Kasal dalam sambutan pembukaan yang dibacakan Kadisopslatal mengatakan bahwa forum Wanbangopstik merupakan forum yang bernilai strategis, khususnya bagi perwira sebagai pengawak organisasi untuk terlibat secara aktif dalam diskusi akademis berdasarkan referensi yang valid serta pengalaman tugas operasi di lapangan, diharapkan akan memberikan kontribusi yang besar dalam proses penyusunan buku petunjuk dalam forum ini.

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, lingstra dan organisasi lanjut Asops Kasal, mengubah pola operasi, taktik dan pengoperasian alutsista dalam peperangan matra laut, maka perlu sebuah forum untuk mewadahinya dalam mengkaji, mengembangkan, merumuskan, menguji coba konsep operasi dan taktik peperangan matra laut.

“Oleh karena itu, perlu adanya perhatian yang serius bagi seluruh peserta sidang Wanbangopstik ke-78 TA.2023,” pintanya.

Asops Kasal berharap, dalam forum Wanbangopstik ini, dilaksanakan pemutakhiran produk piranti lunak yang mampu dijadikan Pedoman dalam melaksanakan tugas TNI AL ke depan.

Menurutnya, dengan terbitnya dua Kep Panglima TNI yakni, tentang petunjuk referensi stratifikasi doktrin dilingkungan TNI dan tentang petunjuk penyelenggaraan penyusunan dan penerbitan doktrin dilingkungan TNI, maka diharapkan produk naskah pada Wanbangopstik ke-78 ini sesuai dengan referensi tersebut.

Adapun materi yang akan dibahas antara lain tentang petunjuk teknis visit, board, search and seizire (VBSS), petunjuk referensi gunpur KRI Jenis ICT kelas Sampari, Petunjuk referensi gunpur KRI jenis BTS kelas Dr. Wahidin Sudirohusodo dan Petunjuk referensi gunpur heli angkut serba guna NBEL-421.

Akan pentingnya pelaksanaan Wanbangopstik ini, Asops Kasal berpesan kepada seluruh peserta sidang untuk menumbuhkan kesadaran bahwa buku petunjuk yang akan dibahas merupakan guidance dalam operasional TNI AL.

“Laksanakan diskusi dalam forum yang terhormat ini secara serius dan sistematis, keterbatasan waktu jangan menjadi penghalang dan jadikan diskusi ini sebagai sarana komunikasi antara sudut pandang baru para perwira muda dengan pengalaman perwira senior, yang berkenan membimbing adik-adik kita agar tercipta keharmonisan pola pikir,” pesannya.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.