Ukur Kemampuan Jasmani, Prajurit Wing Udara 1 Jalani Tes Kesamaptaan

Spread the love

Jurnalline.com, TNl AL Puspenerbal –
Dalam upaya mengukur kemampuan jasmani, prajurit Wing Udara 1 Puspenerbal menjalani tes kesamaptaan jasmani di area Mako Wing Udara 1, Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Tanjungpinang, Selasa (26/9/2023).

Komandan Wing Udara 1 Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani turut juga mengikuti kegiatan tes kesamaptaan jasmani pada sorti pertama yang didampingi seluruh Perwira Staf, para Komandan Skuadron serta seluruh Pamen yang berada di Pangkalan.

Sedangkan untuk sorti kedua dilanjutkan dengan kelompok perwira pertama, bintara, tamtama dan PNS dijajaran Wing Udara 1 Tanjungpinang.

Sebelum pelaksanaan samapta, seluruh prajurit terlebih dulu melaksanakan pemeriksaan tensi darah oleh tim kesehatan Lanudal Tanjungpinang, dilanjutkan peregangan dan pemanasan untuk menghindari cidera.

Menurut Danwing Udara 1, pelaksanaan kesamaptaan jasmani ini, merupakan program rutin dari komando atas yang dilaksanakan setiap semester atau dua kali setahun.

Tes samapta ini lanjutnya, sangatlah penting dan dilaksanakan setiap personel untuk mengetahui kemampuan fisik juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel yang telah dibina selama enam bulan terakhir.

Diharapkan melalui tes kesamaptaan ini dapat menjaga dan membina fisik sesuai kemampuan, yang muaranya untuk kesiapan personel itu sendiri, baik untuk syarat sekolah, kenaikan pangkat, maupun untuk mendukung penugasan lainnya.

“Selama melaksanakan samapta, laksanakan dengan sebaik-baiknya sesuai kemapuan masing-masing dan utamakan keselamatan serta jika ada yang tidak fit koordinasikan dengan tim kesehatan,” ujar Danwing Udara 1.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.