Kodim 0510/Tigaraksa Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Spread the love

Jurnalline.com, Kodam Jaya, Tigaraksa – Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2023, upacara peringatan di gelar di Lapangan Apel Makodim 0510/Tigaraksa Jalan Atik Soewardi Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang.

Dalam upacara hari kesaktian Pancasila bertindak selaku Inspektur Upacara Kasdim 0510/Tigaraksa Mayor Arh Didik Wahyudi, Komandan upacara di ambil oleh Kapten Kav Djatman Danramil 08/Kronjo dan diikuti para Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS jajaran Kodim 0510/Tigaraksa.

Pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dibacakan pembacaan teks Pancasila, UUD tahun1945 dan Ikrar Kesaktian Pancasila.

Kasdim 0510/Tigaraksa Mayor Arh Didik Wahyudi selaku Irup pada Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 ini menyempatkan diri untuk menyampaikan arahan diantaranya mengajak seluruh peserta upacara terus mengenang dan memaknai sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965, dimana rakyat Indonesia saat itu berjuang mempertahankan Idiologi Pancasila dari rongrongannya dengan menumpas keganasan dan kekejaman G30 S PKI (Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia) yang pada peristiwa itu membuat gugurnya 7 pahlawan Revolusi.

“Sejarah ini penting untuk dikenang agar menggelora semangat mengamalkan nilai-nilai Pancasila bagi mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

“Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini semua elemen masyarakat menyadari betapa penting Pancasila ini untuk senantiasa dijadikan pedomani, dijadikan acuan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara, karena sudah jelas bahwa melalui Pancasila ini lah yang kita sepakati menjadi dasar negara yang dimulai oleh kesepakatan para pemimpin-pemimpin kita terdahulu,” ucapnya.

Fram

Sumber kodim 0510/Tigaraksa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.