Maknai Semangat Juang dan Rela Berkorban Para Pahlawan, Koarmada III dan Keluarga Besar TNI Ziarah Jelang HUT Ke-78 TNI

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL/Koarmada III – Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi memimpin upacara ziarah ke Taman Makam Pahlawan Tri Jaya Sakti Kota Sorong bersama keluarga besar TNI dalam rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI di Sorong, Papua Barat Daya. Jumat (04/10/23).

Upacara ziarah berlangsung dengan khidmat, dan diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara dan peletakan karangan bunga secara simbolis di Tugu Taman Makam Pahlawan oleh Pangkoarmada III selaku Inspektur Upacara, yang dilanjutkan dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan dan tabur bunga di pusara makam para pahlawan oleh seluruh peserta ziarah.

Acara ziarah dan tabur bunga kali ini diselenggarakan dengan maksud dan tujuan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dan rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk kepentingan dan kemajuan negara dan bangsa Indonesia.

Pangkoarmada III menyampaikan harapannya, dengan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dan tauladan kepada para generasi muda sebagai penerus bangsa tentang apa yang telah dilakukan dan diberikan oleh para pahlawan.

Tentunya tauladan dari para pahlawan ini dapat dilakukan dalam kondisi berbeda. Kalau sebagian besar pahlawan berjuang saat era kemerdekaan, kita berjuang mengisi kemerdekaan dengan darmabakti kita dibidang masing-masing, begitu juga sebagai TNI harus bekerja sesuai tugas pokoknya dalam mempertahankan NKRI.

Hadir dalam upacara ziarah tersebut yaitu Irkoarmada III, Kapok Sahli Koarmada III, Danlantamal XIV, Dan Pasmar 3, Danrem 181/PVT, Dandim 1802/Sorong, Dirpolairud Polda Papua Barat, Kapolres Sorong, para Pejabat Utama Koarmada III, Lantamal XIV, Pasmar-3, Korem 181/PVT dan Ibu Ketua Daerah Jalasenastri Armada III dan ibu Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Korcab XIV DJA III, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Korcab Pasmar-3, Ketua dan Pengurus Persit KCK Korem 181/PVT.

Fram

Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.