Pancasila, Tak Tergantikan Oleh Ideologi Apapun

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – 1 Oktober setiap tahunnya diperingati oleh Bangsa Indonesia sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan tersebut merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan putra-putra terbaik bangsa yang gugur dalam peristiwa pengkhianatan G30S/PKI yang kemudian mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Revolusi. Adapun tema yang diusung dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju” dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi lainnya.

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, Komando Lintas Laut Militer menggelar upacara dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Mochammad Riza yang berlangsung di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta Utara, Minggu (1/10). Dalam upacara tersebut dibacakan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila. Pada waktu yang bersamaan, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H mengikuti rangkaian upcara Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo.

Esensi peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan sebuah penghormatan terhadap seluruh pahlawan revolusi yang gugur melindungi Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila memberikan pesan tentang pentingnya mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan guna memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Fram

(NKRI). (Dispen Kolinlamil)

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.