Pangkoarmada III Pimpin Ucacara HUT Ke-78 TNI di Papua Barat Daya, Berbagai Alutsista dan Demo Ditampilkan

Spread the love

Jurnalline.com, TNI AL/Koarmada III – Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi menjadi Inspektur Upacara HUT Ke-78 TNI yang digelar di Alun-alun Aimas, Sorong, Papua Barat Daya. Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera. Kamis (05/10/23).

Dalam amanat tertulis Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang dibacakan Pangkoarmada III, mengatakan bahwa, Tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini diangkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah; yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya.

Untuk menyikapi kondisi tersebut, para Prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Diakhir amanatnya, Panglima TNI meyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, diantaranya agar meningkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas, dan pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI, serta laksanakan komitmen netralitas TNI, Ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Adapun upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 TNI yang digelar pada tanggal 5 Oktober 2023 di Alun-alun Aimas, Kab Sorong Papua Barat Daya ini, dapat disaksikan oleh masyarakat secara langsung. Berbagai atraksi dan ketangkasan ditunjukkan oleh prajurit-prajurit TNI (TNI AD, TNI AL dan TNI AU) di wilayah Sorong melalui demo Sparko, Pembebasan Sandera, Kolone Senjata, Yel-yel dan Parade Defile, serta terdapat kegiatan sosial berupa pemberian bahan kontak kepada Masyarakat.

Sementara itu, bertempat di Mako Armada III, Katapop Kab Sorong Papua Barat Daya juga dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI yang dipimpin oleh Inspektur Koarmada III Laksamana Pertama TNI Achman Santosa yang diikuti oleh para Prajurit Mako Koarmada III dan pengawak KRI yang sedang sandar di Dermaga Koarmada III.

Fram

Kadispen Koarmada III

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.