241 Kopral Taruna Jalani Tradisi Penyambutan dan Orientasi di Kampus AAL

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Surabaya – Sebanyak 241 Taruna/Taruni Tingkat l Angkatan ke-72 yang baru saja menyelesaikan Pendidikan Dasar Keprajuritan dan Integratif di Akademi TNI Magelang, hari ini memasuki gerbang Kesatrian Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro, Surabaya. Mereka disambut dengan Tradisi Penyambutan dan Orientasi yang penyambutan digelar di Dermaga Halong dan dibuka Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Supardi, Rabu (29/11).

Hadir pada acara Tradisi Penyambutan dan Orientasi untuk Kopral Taruna kali ini Ibu Asuh Taruna yang juga sebagai Ketua Cabang Berdiri Sendiri (CBS) Jalasenastri AAL Ny. Prima Supardi dan jajaran pengurus lainnya serta segenap Pejabat Utama AAL beserta istri.

Sejak memasuki gerbang utama AAL, 241 Kopral Taruna ini, disambut Genderang Suling Gita Jala Taruna, jajar Taruna senior disepanjang pintu gerbang AAL hingga ke Monumen Hree Dharma Shanti. Dilakukan pula prosesi penyambutan lainnya hingga dermaga Halong yang dipandu para Taruna Komando (Tarkom).

Dalam amanatnya Gubernur AAL menyampaikan, ucapan selamat datang di Kesatrian AAL Bumi Moro dan selamat atas keberhasilan Taruna angkatan ke-72 yang telah menyelesaikan Diksarit dan Integratif selama empat bulan di Akademi TNI Magelang.

Menurut Gubernur AAL, upacara tradisi ini bertujuan untuk menerima dan menyambut Taruna/Taruni Akademi TNI Angkatan Laut angkatan ke-72 sebagai bagian dari keluarga besar Akademi Angkatan Laut yang selanjutnya akan melaksanakan pendidikan dasar kejuruan/korps untuk mendalami ilmu pengetahuan, latihan dan keterampilan profesi matra laut selama 3,8 tahun.

Gubernur AAL mengungkapkan kegiatan orientasi ini dilaksanakan sebagai bekal awal para Taruna yunior dalam menjalani pendidikan di AAL. Hal ini, sangat penting untuk mengetahui lingkungan sarana dan prasarana serta memahami medan tugas yang akan dihadapi sekaligus mempersiapkan mental psikologis Taruna/Taruni yunior dalam beradaptasi di lingkungan kesatrian Akademi Angkatan Laut.

Dalam masa orientasi ini selanjutnya, para Taruna/Taruni akan mendapatkan materi pengenalan kompleks AAL yang meliputi sarana dan prasarana pendidikan, pembekalan dari tiap-tiap Satker di AAL, profil Taruna AAL dan pengasuhan Resimen Korps Taruna serta PUDD Khas TNI Angkatan Laut.

Sementara itu, sebelum dilaksanakan upacara tradisi penerimaan Prajurit Taruna AAL Angkatan ke -72 dipantai Halong Kesatrian AAL juga dilaksanakan tradisi penyambutan yang mana Prajurit Taruna melaksanakan Long Mars dari tugu Pahlawan Surabaya menuju Kesatrian AAL, Bumimoro Surabaya.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.