Peresmian Nama dan Penggunaan Gamelan “JALADRI RUKMI” untuk Taruna AAL

Spread the love

Jurnalline.com, AAL, Surabaya – Wakil Gubernur Akademi TNI Angkatan Laut (Wagub AAL) Laksma TNI Arif Badrudin mewakili Gubernur AAL Laksda TNI Supardi menghadiri acara Peresmian nama dan penggunaan gamelan yang diterima dari Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta yang digelar di Gedung Salahutu, Komplek Candrasa Kampus AAL, Bumimoro Surabaya, Selasa (28/11).

Dalam amanatnya, Gubernur AAL mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta, atas perhatiannya yang telah menghibahkan alat musik tradisional (Karawitan) berupa gamelan untuk digunakan Taruna AAL sebagai sarana turut serta dalam melestarikan budaya daerah.

Acara peresmian nama dan penggunaan gamelan ini sebagai langkah tindak lanjut dari surat Kepala Dinas Kebudayaan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta, bahwa Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan nama “JALADRI RUKMI” yang memiliki makna “Samudera Emas” untuk gamelan yang dihibahkan ke AAL.

Hadir pada acara peresmian nama dan penggunaan gamelan, Cahyo Widayat selaku Sekretaris Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (Sekdis Dishub DIY), Nunuk Retnaningsih sebagai Kasubag Umum dan pengurus jajarannya serta segenap pejabat utama AAL lainnya.

Dengan semangat dan antusias yang tinggi, Taruna AAL yang berlatih hanya bisa dihitung jari ini menyambut kedatangan tamu dari Yogyakarta ini dengan memainkan tiga lagu sekaligus, antara lain Gugur Gunung, Perahu Layar dan Ojo Dipleroki serta memainkan musik Gangsaran.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.