Danlantamal XII Hadiri Forum Konsultasi Publik Penyusunan RPJPD Provinsi Kalimantan Barat 2025-2045

Spread the love

Jurnalline.com, Kubu Raya, TNI AL, Lantamal XII, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS menghadiri acara Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kalbar Tahun 2025-2045 di Qubu Resort Jl. Arteri Supadio Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan Forum Konsultasi Publik Penyusunan RPJPD Prov. Kalbar hingga 20 tahun kedepan merupakan suatu proses guna mendukung pembangunan nasional demi menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

Pj. Gubernur Prov. Kalimantan Barat dr. Harisson, M. Kes. dalam paparannya menyampaikan visi Kalimantan Barat untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 yaitu “Kalimantan Barat Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan”. Rencana pembagunan nasional Indonesia emas tahun 2045 itu bersifat nasional dan tugas para Pimpinan Daerah untuk merancang pembangunan daerah sampai tahun 2045 dan harus selaras dengan pembangunan nasional.

“Saya ingin menekankan kepada semuanya bahwa ketika kita menyusun RPJPD ini, kita harus membuka wawasan kita seluas-luasnya tidak hanya mempertimbangkan kondisi saat ini atau hal-hal seputar daerah kita sendiri. Tapi harus memperhatikan isu global yang saat ini berkembang di dunia seperti perubahan demografi dunia, perubahan geopolitik, kemajuan teknologi dunia, pertumbuhan kelas menengah peningkatan urbanisasi dunia, perubahan iklim dan kejahatan transnasional serta perpindahan ibu kota Negara, jika kita ingin memberikan sumbangan signifikan terhadap pencapaian 5 sasaran utama pembangunan nasional,” tegas Pj. Gubernur Kalbar.

Selain itu peluang untuk melakukan terobosan terbuka lewat pemindahan ibu kota ke Kalimantan, menjadikan Provinsi Kalimantan Barat berada di garda terdepan yang mendukung.

“Kita akan mendapatkan Prioritas pembangunan wilayah salah satu Prioritas pembangunan kawasan industri hijau, kawasan industri, kawasan perbatasan, dan tak lupa pembangunan simpul transportasi serta pemanfaatan Alur Laut Kepulauan Indonesia, tambahnya.

Fram

Dispen Lantamal XII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.