Unsur Pesud Skuadron Udara 800 Wing Udara 1 Laksanakan Pengintaian Udara Maritim

Spread the love

Jurnalline.com, TNl AL – Dispen Puspenerbal –
Unsur pesawat udara Casa NC 212-200 MPA di bawah Skuadron Udara 800 Wing Udara 1 Puspenerbal, melaksanakan pengintaian udara maritim dangan Operasi Mata Elang-23 pada Kamis (29/11/2023).

Komandan Skuadron 800 Mayor Laut (P) Wahyu Ardiansyah, turun langsung memimpin kegiatan tersebut sebagai Captain Pilot, beserta Letda Laut (P) Adam Wira sebagai Copilot dan seluruh crew yang bertugas.

Menurut Danwing Udara 1 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani, Patroli Udara Maritim ini merupakan kegiatan patroli yang sudah dijadwalkan oleh empat negara tetangga yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia dan Thailand untuk menjaga keamanan laut pada perbatasan antar negara.

“Oleh karenanya operasi yang dilaksanakan sangat sesuai dengan moto Skuadron 800 Wing Udara 1 yaitu “The Guardian Malacca” sebagai penjaga Selat Malaka,” terangnya.

Operasi yang dilaksanakan tersebut lanjutnya, bertolak dari Tanjungpinang menuju perairan Selat Singapura yang merupakan batas antara Indonesia dan Singapura.

Selat Singapura tambahnya, merupakan Jalur pelayaran lintas Internasional dengan intensitas frekuensi pelayaran yang sangat padat dan kecenderungan terjadi pelanggaran hukum pada wilayah ini.

“Patroli tersebut, dilaksanakan hingga menjangkau pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Singapura,” terangnya.

Fram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.