Ribuan Hektar Sawah Kerendam Banjir, Petani Palas Aji dan Palas Pasemah Merugi

Spread the love

Jurnaliline.com, Lampung Selatan – Banjir bandang menyebabkan Tanggul penahan air jebol, terletak di lokasi pesawaran Desa Palas Aji Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan , Ada Dua titik yang jebol, terdampak ribuan Hektar sawah Petani Palas Aji dan Palas Pasemah terendam air, sementara tanaman padi baru usai di tanam .

Dua Kepala Desa turun langsung meninjau lokasi, ketika mendengar informasi. yaitu Herri Susanto Selaku kepala Desa Palas Aji dan Evan Rastriandana Selaku kepala Desa Palas Pasemah di dampingi oleh aparat desa lain nya.

Evan mengaku sudah berkoordinasi dengan Balai Besar, setelah mendengar dan melihat langsung kondisi tanggul yang jebol.

” Kami berdua kades Herri sudah berkoordinasi dengan Dinas Balai Besar, mereka akan mengutus orang untuk ngecek langsung, sudah kami kirim titik koordinat nya,” Ujar Evan

Selanjutnya Herri Susanto menambahkan tanggul ini tahun lalu sudah pernah jebol, akibat banjir bandang seperti sekarang ini, mereka sudah mengusulkan proposal ke balai besar, Minggu lalu dinas Balai besar sudah meninjau ke lokasi, pesawahan dan akan menormalisasi Tanggul, mengunakan alat excavator.

” karena tanggul ini belum ada pintu air pembuangan air dari sawah ke kali pisang, maka kami sudah usulkan ke balai Besar untuk normalisasi tanggul dan membuatan 3 titik pintu air, yang pungsinya ketika banjir datang air sawah bisa di buang ke kali pisang, ketika air pisang banjir bisa kita tutup supaya air tidak masuk ke sawah, ” ungkapnya

Kedua kepala Desa ini sepakat akan mengerahkan masyarakat petani bergotongroyong untuk menutup sementara Tanggul yang jebol mengunakan bambu dan kayu , sehingga debat air tidak terlalu deras masuk ke Sawah.

Penulis : Rudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.