Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10 Kostrad Menggelar Pesantren Kilat

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Dalam rangka membentuk karakter Islami pada anak-anak usia dini di perbatasan, Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti menginisiasi kegiatan pesantren kilat.

Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Nurul Hudud Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, mulai tanggal 14 hingga 16 Maret 2024. Pesantren kilat tersebut bertujuan untuk menambah ilmu agama, membina akhlakul karimah, serta mengajarkan anak-anak untuk berbakti kepada orang tua, sehingga mereka tidak terpengaruh oleh budaya global yang negatif.

Pesantren kilat ini menyajikan berbagai materi keagamaan, seperti Pengetahuan dan Tata Cara Ibadah Puasa, Pengenalan Tajwid, Cerita Nabi dan Rasul, Tadarus Al-Qur’an, serta Hafalan dan Tata Cara Sholat. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan perlombaan, seperti perlombaan hafalan surat-surat pendek dan tata cara sholat, yang membuat antusiasme tinggi di kalangan anak-anak. Materi dan penjurian dalam perlombaan ini diselenggarakan oleh para prajurit Satgas Pos Kotis.

Menurut Sertu Jojon, salah satu panitia penyelenggara, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan agama Islam kepada anak-anak usia dini dan menjadikan masjid sebagai wadah untuk mempersatukan umat dalam pendidikan agama sejak dini guna membentengi akhlak dan moral anak-anak. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan silaturahmi dan kedekatan antara anggota Satgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 10/ Bradjamusti dengan masyarakat setempat.

Fram

(Penkostrad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.