Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Apel Pemberangkatan Satgas Gulbencal ke Kep. Sitaro

Spread the love

Jurnalline.com, PendamXIII/Ndk — Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, memimpin Apel Pemberangkatan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Alam (Satgas Gulbencal) Kep. Sitaro Sulawesi Utara, bertempat di Makodam XIII/Merdeka Jl. 14 Februari, Teling Atas, Kota Manado, Sulawesi Utara. Kamis (18/4/2024).

Tingkat aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulut, menurut BMKG saat ini berada pada level IV atau Awas, dan sudah ditetapkan status tanggap darurat pasca erupsi oleh pemerintah setempat.

Akibat dari erupsi Gunung Ruang tersebut sebanyak 828 jiwa yang berasal dari Pulau Gunung Ruang telah dievakuasi ke pulau Tagulandang.

Pangdam XIII/Merdeka dengan respon cepat telah memerintahkan Satgas Gulbencal, khususnya satuan yang berada di Sulut, sebanyak 89 orang personel langsung berangkat ke Kep. Sitaro hari ini. Mereka dilengkapi dengan berbagai perlengkapan komunikasi, logistik, bekal alat dan obat kesehatan serta alat-alat kebencanaan lainnya.

Adapun personel Satgas Gulbencal bergerak ke titik evakuasi dan akan membentuk posko tanggap darurat dalam rangka membantu evakuasi warga terdampak erupsi Gunung Ruang.

Pangdam XIII/Merdeka juga secara langsung mengecek personel yang akan berangkat termasuk materiil yang dibutuhkan di tempat bencana alam.

Mayjen TNI Candra Wijaya secara langsung melepas dan memimpin doa pemberangkatan Satgas Gulbencal Kep. Sitaro siang ini.

“Harapan kami semua, Satgas ini mampu memberikan kontribusi nyata dalam membantu Warga terdampak bencana dan memitigasi korban bencana lainnya,” ungkap Mayjen Candra.

Hadir dalam apel tersebut, PJU Kodam XIII/Merdeka dan Prajurit Satgas Gulbencal Kep. Sitaro Sulut.

(EffendyIskandar/Autentikasi:
Kolonel Kav Mujahidin, S.Sos.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.