Siapkan Latihan SAR di Laut, Lantamal XII Berikan Pembekalan Terhadap Pelaku

Spread the love

Jurnalline.com, Pontianak, TNI AL, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII memberikan pembekalan kepada pelaku yang akan melaksanakan Latihan SAR di Laut dengan pemateri dari Basarnas Pontianak dan Diskes Lantamal XII di Gedung Malahayati Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XII Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat, Senin (29/04/2024).

Pada kesempatan ini Letkol Laut (P) Putu Bagus Harianto selaku Wakil Ketua KPL Latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di Laut Wilayah Kerja Koarmada I TA. 2024 membuka pembekalan dengan harapan para pelaku dapat menerima ilmu yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam latihan SAR yang akan dilaksanakan di wilayah kerja Lantamal XII khususnya di Kota Pontianak.

“Saya harapkan semuanya bisa memahami bagaimana kegiatan SAR di lapangan, bagaimana cara penanganan korban di lapangan, kemudian terkait medis bagaimana cara penanganan medis. Walaupun bukan orang medis, diharapkan bisa memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan di laut. Sehingga pada saat pelaksanaan, kegiatan dapat berjalan dengan baik,” tegasnya.

Kemudian Koordinator tim Basarnas Pontianak Bapak Leo Umbara bersama tim Basarnas menjelaskan apa yang harus dikuasai untuk dapat melakukan evakuasi korban, cara mengevakuasi korban dan hal-hal penting yang harus dipedomani selama melaksanakan latihan pencarian dan penyelamatan di laut.

Di akhir kesempatan, Letda Laut (K) dr. Jimmy Rianto bersama tim Diskes Lantamal XII memberikan materi dan praktik bagaimana pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan di laut dalam melaksanakan SAR.

Drie

Dispen Lantamal XII

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.