Mantapkan Kemampuan Pramuka Saka Wira Kartika, Kodim 0505/JT Gelar Latihan

Spread the love

Jurnalline.com, Kodim 0505/Jakarta Timur – Upaya membentuk generasi muda yang berkarakter, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air dengan semangat bela negara. Khususnya Di wilayah Jakarta Timur. Kodim 0505/Jakarta Timur menggelar kegiatan Latihan Krida Saka Wira Kartika Pramuka selama (2) dua hari terhitung mulai (28-29/04/24), bertempat di Makodim dan Duren Sawit, Minggu (29/04/24).

”Pembinaan generasi muda oleh TNI AD Tertampung dalam wadah Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Satkowil jajaran Kodam Jaya/Jayakarta diperuntukkan bagi Pramuka Penegak ,”ucap Pelda Doni.

Kegiatan latihan rutin ini dilaksanakan guna membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan generasi muda dengan memberikan pendidikan tentang kesadaran bela negara dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa yang mengarah pada perpecahan dan upaya penghilangan budaya Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan masyarakat.

Selain itu, kegiatan pembinaan latihan Saka Wira Kartika ini juga bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada generasi muda yang diwadahi oleh Lima Krida yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Mountaineering, Krida Pioneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan bencana.

Pelatih/pembina Pelda Doni Natalia bersama Koptu Defri sebagai pembina pada pelatihan kali ini menambahkan kegiatan ini di ikuti (47) empat puluh tujuh orang Saka Wira Pramuka dengan rincian (25) dua puluh lima orang Laki laki dan (22) dua puluh dua orang perempuan dan dibantu oleh (6) enam orang pembina diantara nya Kak Zaki, Ka Eko, Ka Agus, Ka Budi,Ka Rudi, Ka Lina dan Ka Yuli, dengan pemberian materi Kompas, Cordinat peta dan pembuatan tenda perorangan.

” Pengisi materi yang diajarkan setiap kali pertemuan berbeda-beda, Dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan anggota Pramuka Saka wira Kartika dalam berlatih, baik secara teori maupun praktek lapangan secara bertahap berjenjang dan berlanjut.” ujarnya

Lanjut Doni menerangkan tentang pengertian Kompas sebagai alat penunjuk arah mata angin sangat penting untuk para Pramuka dalam hal Membantu kelancaran dan keselamatan dalam pengembaraan karena para Pramuka akan
dapat mengikuti jalan yang tertera dalam peta sehingga tidak tersesat dijalan.

Menentukan arah datangnya sinar matahari untuk menentukan arah mendirikan tenda dan arah lokasi kegiatan, baik pagi atau sore hari.

Membantu dalam pembuatan dan pembacaan peta pita dan atau peta perjalanan Membaca peta medan atau peta topografi.

Oleh sebab itu kegunaannya yang sangat beragam tersebut maka para Pramuka seyogyanya memiliki kemampuan untuk menggunakan dan membaca kompas secara benar dan tepat. Disamping itu kegiatan membaca kompas merupakan kegiatan melatih ketelitian, kerjasama dan pengenalan medan/lokasi di alam bebas.

Dalam pelaksanaan kegiatan latihan yang bertahap dan berlanjut ini, Pramuka Saka Wira Kartika dibentuk dengan tujuan agar Pramuka yang telah mengikuti kegiatan pelatihan rutin Saka Wira Kartika, memiliki pengetahuan dan keterampilan, khususnya pengenalan matra darat serta keterampilan lainnya, sehingga generasi muda memiliki bekal kesadaran bela negara dalam rangka untuk kemajuan SDM anak bangsa dimasa sekarang dan di masa yang akan datang, pungkasnya.

Fram

Sumber Pendim 0505/JT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.