USAJ 2024 SD dan SMP Minahasa Diikuti 8512 Peserta

Spread the love

Jurnalline.com, MINAHASA — Sebanyak 8.512 pelajar kelas VI Sekolah Dasar (SD sederajat dan kelas III Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Minahasa, mengikuti Ujian Sumatif Akhir Jenjang (USAJ) tahun 2024.

Pelaksanaan USAJ ini ditandai dengan pembukaan naskah soal perdana oleh Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, di SMP Negeri 1 Kakas dan SMP Negeri 2 Kakas, Senin (29/04/2024).

Dari pantauan Pj Bupati Jemmy Kumendong menyempatkan membuka naskah USAJ 2024 sambil memberikan dorongan dan semangat kepada para peserta didik ini, agar mereka bisa menyelesaikan soal dengan baik.

“Sebelum mengerjakan soal, berdoa dan minta tuntunan Tuhan Yang Maha Esa, agar adik-adik bisa mengerjakan soal dengan baik. Saya yakin dan percaya, apa yang kalian pelajari selama ini, itulah yang ada di naskah soal. Jadi, saya yakin kalian bisa menjawab dengan baik kalau belajar dengan baik,” ujar Bupati JSK

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa, Tommy Wuwungan MPd, ketika diwawancarai wartawan mengatakan, ada 341 SD yang masuk dalam dapodik yang melaksanakan USAJ, dengan jumlah peserta sebanyak 4.726, terdiri dari 2.054 laki-laki, dan 2.222 perempuan.

Sedangkan untuk SMP sebanyak 103 sekolah sesuai dapodik, dengan jumlah 3.786 peserta, terdiri dari 1.968 laki-laki dan 1.818 perempuan. Sehingga, total secara keseluruhan peserta sebanyak 8.512, di 444 SD dan SMP.

“Dari semua SD dan SMP tadi, ada tiga SD yang tidak melaksanakan karena tidak ada siswa kelas enam nya. Sekolah itu yakni, SD Negeri Watumea, SD Negeri Kecil Parentek, dan SD Negeri Kecil Rarumis. Jadi, pada waktu penerimaan siswa pada tahun itu, tiga SD ini tidak ada pendaftar,” jelasnya

Adapun jadwal USAJ SD yang dimulai hari Senin (29/04) yakni Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, serta Muatan Lokal. Hari Selasa (30/04), Matematika serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Kemudian hari Kamis (02/05), IPA dan IPS, hari Jumat (03/05), Seni Budaya dan Prakarya, serta PJOK.

Sementara untuk jadwal USAJ SMP, hari Senin, Bahasa Indonesia serta Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, hari Selasa Matematika serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, hari Kamis Bahasa Inggris dan Seni Budaya, hari Jumat, IPA dan Prakarya/Informatika, kemudian lanjut Senin (06/05) pekan depan, IPS, PJOK dan Muatan Lokal. (EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.