“Eee La Dalah” Maestro Animasi Pak Raden Meninggal Dunia

Spread the love

Jurnalline.com – JKT – Kabar duka menyelimuti dunia seni animasi tanah air, satu lagi maestro animasi kenamaan dalam film boneka Si Unyil, Drs Suyadi atau lebih dikenal dengan nama Pak Raden. Ia meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015) pukul 22.20 WIB.

“Iya memang benar, Pak Raden meninggal dunia pukul 22.20 WIB di Rumah Sakit Pelni, Petamburan,” kata cucu Pak Raden, Illona, kepada Jurnalline.

Sebelum mengembuskan napas terakhir, kondisi kesehatan Pak Raden sempat menurun drastis sejak siang dan beberapa waktu belakangan karena mengeluh tak enak badan. Pria yang dikenal dengan belangkon dan kumis lebatnya itu mengalami infeksi pada paru – paru sebelah kanan.

Tokoh pencipta Si Unyil itu, dibawa ke rumah duka yang terletak di Jalan Petamburan 3 No.27, Jakarta Pusat.

Drs. Suyadi lahir di Puger, Jember, Jawa Timur, 28 November 1932. Suyadi merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung 1952-1960, lalu meneruskan belajar animasi ke Prancis pada 1961-1963.

Pada tahun 1980-an Suyadi menciptakan animasi Si Unyil dalam sebuah film seri televisi Indonesia agar terdapat acara mendidik bagi anak-anak Indonesia. Dengan perkembangan zaman maka pada era tahun 2000-an, Si Unyil diformat ulang agar tetap dapat digemari anak-anak Indonesia.

Di usia senjanya, almarhum banyak menghabiskan waktu di rumah. Pak Raden memang dalam kondisi sakit-sakitan sehingga untuk mobilitas, ia hanya tergantung pada kursi roda. Sebelumnya Pak Raden sempat menghadiri acara Silet Awards 2015 pada 26 Oktober 2015. Pada acara tersebut beliau menerima Charity Silet Award sekaligus mendapat hadiah rumah.

Selamat jalan Pak Raden atas segala dedikasinya terhadap dunia seni di Indonesia.

(Zeet/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *