Kapolri Minta Kepada Jajarannya untuk Mengubah Gaya Lama Saat Melakukan Razia

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta Kepala Kepolisian Republik Indonesia (kapolri) Jenderal Pol Badrodin Haiti menyadari masyarakat sekarang ini semakin kritis dalam menanggapi berbagai persoalan yang mereka hadapi. Seiring perkembangan teknologi, kritik itu biasanya disampaikan lewat jejaring sosial tanpa meminta penjelasan lebih dulu.

Mengantisipasi hal itu, Badrodin bertemu dengan sejumlah kapolda untuk membahas pengetatan dan pengamanannya.

“Saya arahkan untuk menghadapi tantangan tugas ke depan untuk mengatasi satu perubahan di masyarakat,” katanya kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa(24/5/2016).

Menurut Kapolri masyarakat sekarang ini sudah berubah, semua sangat transparan sehingga masyarakat menjadi kritis. “Semua orang punya handphone, ada kameranya, ada aplikasinya bisa mengakses ke media manapun juga, online maupun media sosial itu ada juga. Nah artinya setiap sikap dan perilaku Polri setiap saat bisa didokumentasikan, karena itu kita berupaya pemolisian kita juga harus berubah. Tidak boleh memakai gaya lama dipraktikkan kembali,” paparnya.

Badrodin mencontohkan sikap kritis masyarakat. Saat razia lalu lintas di Ciputat beberapa waktu lalu yang berakhir penganiayaan terhadap salah satu anggota Lalu Lintas. Menurutnya penilangan itu hal biasa, hanya saja masuk ke media menjadi persoalan berbeda.

“Ditilang berdebat itu hal biasa. Tapi begitu masuk di media, jadi persoalan yang berbeda, mengomentari berbeda. Nah sikap yang mengedepankan kewenangan-kewenangan itu merupakan yang harus dibenahi, nah itu satu contoh perubahan kecil yang harus kita antisipasi dan harus mengingatkan ke seluruh jajaran polri,” katanya.

Tidak dijelaskan detail apa antisipasi yang akan dilakukan, Badrodin memaparkan Polri harus mempunyai sikap dan perilaku harus menyesuaikan. Tidak sewenang-wenang.

“Polri kalau tentang penegakan-penegakan hukum ya harus, kita harus tegakkan. Enggak ada kompromi,” tegasnya.

(Jones/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *