Wujud Dukungan Suksesnya Program Indonesia Sehat

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumsel) – Sebanyak 30 orang yang menjalani tour sepeda dengan jarak tempuh antara Sabang hingga Jakarta sepanjang 3.000 KM diterima oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kesehatan dan Management RSUD setempat, Senin (30/10/2017).

Penyambutan Kedatangan 30 pegowes dalam tour sepeda yang dilaksanakan di pelataran pelataran RSUD kayuagung tersebut, dipimpin langsung oleh Wakil Bupati OKI HM Rifai dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan OKI dan Direktur RSUD Kayuagung dr Fikram beserta jajarannya.

Kepala Dinas Kesehatan OKI HM Lubis, SKM.MKes menuturkan, 30 pegowes yang mulai atau start memacu sepedanya secara estafet dari Kilometer (KM) Nol Sabang pada hari Sabtu (14/10/2017 ) merupakan pegowes inti dari rangkaian acara IndoHCF-Koseindo Tour De’Sabang-Jakarta 3000K Indonesia Sehat yang digelar atas kerjasama antara Klub Gowes Komunitas Kesehatan Indonesia (Koseindo) dan Indonesia Healtcare Forum (IndoHCF).

“Tour ini sendiri digelar sebagai wujud dukungan nyata komunitas sepeda dan masyarakat terhadap suksesnya program Indonesia Sehat, sekaligus turut memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 serta kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),” katanya.

Menurut Ketua Umum  Koseindo Brigjen TNI (Purn.) Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, Katanya lagi, Kegiatan tersebut sebagai upaya mendukung suksesnya Hari Kesehatan Nasional, sekaligus mengajak masyarakat melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Juga mengajak pelbagai Instansi Pemerintah dan swasta baik di tingkat pusat maupun daerah untuk memanfaatkan kegiatan tersebut sebagai kampanye pelbagai program Kesehatan Nasional,”ungkapnya.

Selain menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional, Tour De’Sabang – Jakarta 3000K ini, Lanjutnya, bertujuan mempromosikan kesadaran masyarakat dalam perilaku hidup sehat melalui olahraga sepeda yang sekaligus juga merupakan olah raga yang ramah lingkungan. Disamping itu, tour sepeda ini juga akan memperkenalkan potensi alam, budaya, adat dan istiadat mulai dari Sabang sampai Jakarta.

“Karena disetiap kota atau desa yang mereka lalui sepanjang routenya, tim  pegowes akan singgah di puskesmas / rumah sakit sebagai titik  finish dan start setiap etapenya. Dimana mereka akan  menyerahkan perlengkapan promosi kesehatan dan paket bantuan untuk dukungan program kesehatan antara lain paket sosialisasi program Germas dari Ditjen Kesmas Kemenkes RI, kampanye program BKKBN serta pelbagai sosialisasi program JKN dari BPJS Kesehatan,”ujarnya.

Perlu diketahui, Tour sepeda dengan pesan Indonesia Sehat ini menggandeng banyak sekali pemangku kepentingan kesehatan baik di daerah maupun pusat. Diantaranya adalah Kementerian Kesehatan RI,  BKKBN, BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan TNI (khususnya TNI AD ,TNI AL) & POLRI , rumah sakit Khususnya RS TNi, RSUD, RS Vertikal maupun RS Swasta (salah satunya dari Group Hermina) dan Pemda /Dinas Kesehatan setempat serta beberapa Kodam dan Polda .

Di beberapa kota yang dilewati sebagai jalur etape akan disemarakkan dengan acara sepeda gembira atau fun bike dan pengukuhan Klub Gowes KOSEINDO di Banda Aceh (15 Oktober 2017) , Medan (21 Oktober 2017) serta Jambi ( 28 Oktober 2017).

Rute IndoHCF-Koseindo Tour De’Sabang -Jakarta 3000K Indonesia Sehat dibagi menjadi 20 etape yang dikelompokan menjadi 3 group etape. Yaitu Group etape A : Sabang – Tebing Tinggi (935,7 KM), Group etape B : Tebing Tinggi – Jambi (1.104,7 KM) dan Group etape C : Jambi – Jakarta (880,7 KM) dengan total waktu tempuh  sekitar 3 – 4 minggu.

Rombongan pegowes direncanakan mencapai titik finish bertepatan dengan acara puncak Hari Kesehatan Nasional ke 53 (12/11/2017) di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta dan diharapkan akan diterima oleh Menkes RI yang sekaligus akan mengalungkan medali penghargaan kepada para pegowes serta Piala & Hadiah bagi 5 pegowes yg menempuh jarak terjauh.

Sebagai informasi, pendukung utama tour Sabang-Jakarta 3000K Indonesia Sehat ini adalah  IndoHCF yang merupakan organisasi nirlaba independen dengan membawa misi sebagai bentuk kontribusi swasta dalam PPP ( Public Private Partnership) guna mendukung pelbagai program  kesehatan di Indonesia. IndoHCF  merupakan perwujudan corporate social responsibility dari PT IDS Medical Systems Indonesia, sebuah korporasi penyedia peralatan dan perlengkapan kesehatan terkemuka di Asia.

Sementara itu Klub Gowes KOSEINDO,  sebagai Klub Gowes yang saat ini telah beranggotakan hampir mencapai  5000 orang, merupakan komunitas penggemar olahraga sepeda yang  berasal dari pelbagai latar belakang bidang kesehatan serta kelompok atau individu masyarakat yang cinta dan peduli hidup sehat.

Klub Gowes Koseindo sudah mulai menyebar ke beberapa kota besar di Indonesia antara lain Batam, Palembang, Cilegon, Serang, Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali dan beberapa  kota lain yang dilintasi tour Sabang -Jakarta ini. Motto klub Gowes Koseindo ini adalah H2F2 (Healthy, Happy, Friendship & Fun).

(Novi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *