33 Objek Lelang Lebak Lebung Terjual

Spread the love

Jurnalline.com, Kayuagung OKI (Sumatera selatan) – Sebanyak 33 objek Lelang Lebak Lebung dan Sungai (L3S) di Kecamatan Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI), berhasil terjual dengan total perolehan total lebih Rp380 juta. Hal ini terungkap usai pelelangan di Kantor Camat Kayuagung, Kamis (15/11).

Camat Kayuagung, Dedi Kurniawan SSTP mengatakan, total objek yang akan dilelang di kecamatan tersebut berjumlah 43. Sementara, 10 objek yang belum berhasil dilelang, dan rencananya akan kembali dilakukan lelang minggu depan di Pemkab OKI.

Dirinya menambahkan, harga standar lelang L3S tahun ini khususnya di ibu kota Kabupaten OKI, tersebut dinaikkan, pasalnya tahun depan cuaca dinilai akan bagus.

“Hal ini dilakukan untuk mencapai hasil maksimal. Kalau dua tahun lalu para pengemin atau penyewa lebak banyak mengeluh, karena hasil dari sewa Lebak Lebung menurun bahkan ada yang mengalami kerugian. Tapi tahun ini berbeda, hasilnya menggembirakan sehingga sesuai kesepakatan dengan Pemda, harganya kita naikkan,” terangnya.

Dedi menuturkan, harga lelang Lebak Lebung yang ditawarkan cukup bervariasi. Yakni mulai dari harga Rp100 ribu hingga Rp80 juta untuk masa waktu pertahunnya. Menurutnya, hal ini belum termasuk biaya untuk benih ikan sebesar lima persen setelah habis masa lelang.

Pantauan di lokasi lelang, ratusan peserta lelang ini saling sahut-sahutan menawarkan harga tertinggi terhadap masing-masing objek lelang. Salah seorang pelelang, Tamrin mengungkapkan, para peserta ini bersedia memberikan harga yang tinggi karena mereka melihat potensi yang ada di Lebak dan sungai tersebut.

“Ada keuntungan walaupun tidak banyak karena ini kan bisa disewakan dengan pengemin,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten 1 Setda OKI, H Antonius Leonardo MSi mengungkapkan, pada L3S tahun ini, Kabupaten OKI menargetkan hasil Rp5 milyar. Karena lelang ini sendiri bukan hanya dilaksanakan di Kecamatan Kayuagung.

“Ada beberapa kecamatan lain seperti Tanjung Lubuk, Sungai Menang, SP Padang dan beberapa kecamatan lainnya. Kita mengharapkan ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa mencapai target,” tandasnya.

(Eka DH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.