5 Santri Ponpes Al Ittifaqiah Akan Mendapatkan Beasiswa Ke Sudan

Spread the love

Jurnalline.com, Ogan Ilir (Sumatera selatan) – Pondok Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya di kunjungi pejabat kedutaan Sudan Dr.Muhamed Eltayeb Hussain,Kamis (13/12).

Kunjungan Syekh Muhamed Eltayeb Hussain di Ponpes Al Ittifaqiah Indralaya di sambut meriah oleh santri dan santriwan,bahkan para pimpinan Ponpes.

Berada di kampus A dan kampus D Ponpes Al Ittifaqiah Indralay,pejabat kedutaan Sudan ini selain memberikan taushiah,juga melakukan seminar dengan siswa siswi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al qur’an Inderalaya (STITQI) yang berjudulkan “Bahasa Arab merupakan bahasa peradaban”,jelas Ketua Stitqi Ust.Muhyidin MA.

Di katakan Ust Muhyidin,Syekh Muhamed Eltayeb Hussain ini merupakan orang kedutaan Sudan yang tertarik dengan Ponpes Al Ittifaqiah dan akan memberikan beasiswa kepada 5 santri untuk berkesempatan meneruskan studynya baik S1,S2 dan S3 di berbagai universitas yang ada di negara Sudan pada tahun 2019 nanti.

Selain itu dikatakan Muhyidin,memang selama beberapa tahun ini santri Al Ittifaqiah sudah banyak kuliah di Sudan,tetapi hal itu melalui Kemenag,namun kehadiran Syekh Muhamed Eltayeb ini langsung memberikan kerjasama antara kedutaan Sudan dan Ponpes Al Ittifaqiah Inderalaya.

Ketika di tanya soal apa saja syarat santri yang diberikan beasiswa belajar ke Sudan ? Ust Muhyidin mengatakan,tentunya ada beberapa syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa ke Sudan,seperti hafalan qur’an minimal 5 juz,pandai berbahsa arab dengan baik dan mempunyai niat untuk belajar,”tutipnya.

Sementara Dr.Muhamed Eltayeb Hussain saat memberikan seminar didepan ratusan mahasiswa STITQI Inderalaya menyampaikan diantaranya bahwa Bahasa Arab merupakan bahasa peradaban,dan bahasa arab merupakan bahasa qur’an,bahasa Nabi Muhammad SAW dan bahasa Syurga.

untuk menggali esensi dari suatu ilmu pengetahuan dibutuhkan alat yang tepat. Karena al-Qur’an dan al-Hadits menggunakan bahasa Arab maka alat yang tepat untuk memahaminya adalah dengan bahasa Arab juga. Dalam sejarah peradaban Islam, bahasa Arab merupakan unsur penting yang tidak dapat diabaikan. Untuk itu, dalam tulisan ini akan dibahas peran bahasa Arab dalam perkembangan peradaban Islam.

Islam merupakan agama wahyu yang diturunkan Allah SWT sebagai petunjuk jalan umat manusia. Petunjuk tersebut berupa al-Qur’an dan al-Hadits. Kedua sumber utama dalam Islam tersebut menjadi cara pandang yang mana di dalamnya terkandung nilai-nilai tentang ketuhanan, kemanusiaan, kebenaran, keikhlasan,keimanan, ketaqwaan, dan lain sebagainya. Dan dengan menerapkan nilai-nilai itulah peradaban Islam mampu berdiri dengan kuat.

(Sy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.