Gubernur Akan Tinjau Lokasi Gempa di Halsel

Spread the love

Jurnalline.com, SOFIFI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Minggu 14/7) lalu menyatakan telah terjadi Gempa Bumi Magnitudo 7,2 di kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Maluku Utara. Akibat dari bencana alam itu, ratusan rumah warga mengalami kerusakan.

Mencermati situasi daerah saat ini, Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba telah perintahkan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menuju lokasi berdampak gempa agar memperoleh informasi secara langsung dilapangan.

“Sudah saya perintakan Badan Nasional Penagulangan Bencana (BNPB) Malut dan Dinas Sosial, mereka sudah berada dilokasi bencana saat ini, karena bencana ini sudah sangat darurat, kitong pe rumah-rumah so ancor dan rusak, karena itu harus segera diatasi,”ungkap Gubernur kepada reporter Jurnalline.com, di Sofifi, Senin (15/7/2019).

Sementara itu, dirinya harus menuju Jakarta pada 15 Juli kemarin untuk menghadiri pertemuan dengan pemerintah pusat yang tidak bisa diwakilkan.

“Setelah dari luar daerah hari ini, mungkin besok (Selasa) saya akan langsung ke Halsel untuk meninjau daerah yang terkena dampak bencana ini, informasinya rata-rata daerah halsel sebagian besar bangunan rumah warga dan bangunan lainya rusak dan bahkan ada korban jiwa akibat dari gempa kemarin,”katanya

Orang nomor satu di Malut ini mengaku belum mendapatkan informasi yang valid terkait jumlah kerusakan dan korban jiwa akibat dari Gempa tersebut. Meski begitu, ia telah perintahkan jajarannya agar menginventarisir.

Dinas Sosial, kata Gubernur sudah diperintahkan untuk menyiapkan bantuan berupa makanan, tenda, dan tikar untuk korban gempa.

Saat ditanya langkah pemerintah daerah mengantisipasi terjadinya gempa susulan yang bisa saja akan kembali menguncang Maluku Utara, Gubernur menyatakan terus melakukan koordinasi dengan BMKG, sehingga ketika ada sesuatu yang terjadi segera dilaporkan ke Pemda untuk dilakukan langkah-langkah evakuasi serta penyaluran bantuan.

Gubernur dengan akronim AGK ini meminta kepada masyarakat Maluku Utara, khususnya di Halsel agar tidak terlalu panik dengan situasi gempa sehingga tidak terjadi lagi sesuatu yang tidak diinginkan. Namun, langkah ikhtiar juga perlu dilakukan.

“Saya berharapkan kepada masyarakat Maluku Utara agar tenang jangan panik, sebagai orang beragama kita harus selalu beribadah sehingga allah pelihara kitorang samua, karena kita ini bergantung kepada-Nya

Penulis : Randi Ridwan
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.