200 personil Satpol PP di ring satu “Final Piala Presiden”

Spread the love

Jurnalline.com – JKT – Ratusan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta dilibatkan dalam pengamanan Final Piala Presiden 2015, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat. Bahkan ada personel yang ditempatkan di ring 1, yang berada di Pintu Timur Senayan.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kukuh Hadi Santoso mengatakan, Satpol PP akan menyebar di sekitar GBK. Namun untuk 200 personel diminta masuk dalam penjagaan ring 1. “Ada 200 personel di ring 1. Itu di Pintu Timur, tempat Presiden masuk,” ujar Kukuh, Minggu (18/10).

Kendati hanya mengerahkan 600 personel, Kukuh mengaku Satpol PP di lima wilayah tetap siaga. Jika memang diperlukan lagi, pihaknya siap untuk mengerahkan personel tambahan. “Di wilayah masing-masing, Satpol PP lainnya tetap stand by,” katanya.

Kukuh menambahkan, Satpol PP yang dikerahkan tidak dilengkapi dengan senjata, melainkan tangan kosong. Para petugas akan membantu kepolisian dan TNI dalam pengamananan selama acara berlangsung. “Semuanya punya niat baik, penonton datang juga hanya ingin menonton. Jadi kita tangan kosong saja,” ucapnya.

Selain membantu pengamanan, Satpol PP juga akan menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berada di lokasi. Tidak hanya Satpol PP, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga ikut berpartisipasi, seperti Dinas Perhubungan dan Transportasi, Dinas Kebersihan, dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DKPKP).

Final Piala Presiden 2015 akan menghadirkan pertandingan antara Persib Bandung melawan Sriwijaya FC. Saat ini, ribuan pendukung kedua kesebelasan sudah mulai memasuki Kota Jakarta untuk menyaksikan pertandingan yang dimulai pada sekitar pukul 19.00 Minggu.

[Zeet/Rai/Red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.