Jorge Lorenzo Juara Dunia MotoGP 2015

Jorge Lorenzo Juara Dunia MotoGP 2105
Spread the love

Jurnalline.com – JKT – Jorge Lorenzo memenangkan gelar Juara Dunia MotoGP 2015 yang ketiga dengan kemenangan di GP Valencia akhir musim pada hari minggu tadi dimana Valentino Rossi gagal membuat kejutan untuk merangsek masuk minimal ke posisi 2 yang memulai balapan dari posisi paling belakang. Minggu (8/11/2015).

Lorenzo memasuki balapan mengikuti Rossi dengan tujuh poin tetapi pembalap veteran Italia tersebut tidak bisa mengakhiri balapan lebih dari posisi keempat. Rossi, yang diperlukan untuk menyelesaikan balapan setidaknya finis di posisi kedua, mulai dari grid terakhir karena hukuman akibat menendang Marc Márquez di balapan sebelumnya.

Lorenzo berakhir dengan 330 poin, lima poin lebih dari Rossi, yang sedang berusaha untuk memenangkan gelar juara dunia kedelapan dan yang pertama sejak 2009. Pembalap Spanyol 28 tahun menambahkan tropi juara dunia MotoGP yang sebelumnya pernah didapatinya pada musim 2010 dan 2012. Lorenzo start dari posisi pertama atau pole position dan tinggal di depan di sirkuit Ricardo Tormo Valencia. Ia meraih bendera Spanyol dan naik dengan itu di trek di lap kemenangannya.

Márquez, pemenang kedua MotoGP seri terakhir di Valencia musim ini, menyelesaikan lomba tepat di belakang Lorenzo di urutan kedua, tetapi tidak pernah mencoba untuk bergerak signifikan untuk memimpin. Dani Pedrosa, pemenang dua dari tiga balapan terakhir, adalah ketiga untuk menutup podium All-Spain.

Lorenzo memiliki awal yang bersih tapi Rossi cepat pindah lapangan di belakangnya dan telah mencapai posisi 10 hanya dua lap ke balapan 30 lap. Rossi terus menekan ke depan dan harus kelima setelah 10 lap, tapi tidak bisa berbuat banyak setelah mencapai tempat keempat dua lap kemudian. Satu-satunya kesempatan adalah jika sesuatu terjadi pada pengendara di depannya.

Ada bumbu tambahan di GP Valencia setelah Rossi memiliki peran dalam kecelakaan Márquez di Malaysia dua pekan lalu dan juga menuduhnya mencoba untuk mendukung sesama pembalas Spanyol dalam perburuan gelar. Rossi meminta penalti ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga, tapi permintaannya ditolak sehari sebelum sesi latihan pertama di Valencia, Jumat lalu.

Rossi membutuhkan finish ditempat kedua untuk mengamankan gelar tanpa tergantung pada hasil Lorenzo. Dia juga bisa menang dengan melintasi garis finish tepat di belakang pembalap Spanyol. Pembalap Italia tersebut berjuang di bagian terakhir musim ini, menang hanya sekali dalam 10 balapan terakhir.

Lorenzo tidak memenangkan balapan sejak GP Aragon empat balapan yang lalu tapi selalu naik podium. Pembalap Yamaha itu mengakhiri musim ini dengan tujuh kemenangan, termasuk semua empat balapan di Spanyol.

Rossi memenangkan empat balapan dan hanya tiga kali naik podium sejak memenangi GP Inggris enam balapan yang lalu. Ini adalah kedua kalinya bahwa Rossi memasuki balapan akhir musim dengan poin memimpin tetapi gagal untuk memenangkan gelar.

(Rai/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE