Peringati Hari Kartini, Para Kartini di Lingkup Pemkot Tangerang Melakukan Berbagai Kegiatan

Spread the love

Jurnalline.com, KOTA TANGERANG – Peringati Hari Kartini,   Para Kartini di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, melakukan berbagai kegiatan sebagai wujud penghormatan atas perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak-hak para kaum wanita, Jum’at ( 21/04 ).

Peringatan Hari Kartini yang diawali dengan apel pagi tersebut, di mana para petugasnya adalah para kaum hawa. Begitu halnya yang dilakukan para pegawai di Kecamatan, Kelurahan dan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), di hari Kartini ini melayani pasiennya dengan berkebaya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Iis Rodiyah, saat pimpin apel di Pusat Pemerintah Kota Tangerang   menyampaikan,  “Sebagai kaum hawa, sepatutnya kita bisa mengikuti jejak Raden Ajeng Kartini.  Jangan sampai peringatannya hanya sebatas kegiatan lomba, mengenakan busana tradisional, yang hanya rangkaian seremonial saja,” ungkapnya.

Kartini masa kini, lanjutnya, harus mampu meningkatkan kualitasnya dan dapat membina keluarga agar senantiasa harmonis serta mendidik anak agar dapat menjadi generasi penerus yang tangguh dan berakhlak mulia,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Wali Kota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah juga turut menyampaikan, “Di Hari Kartini ini harus dijadikan momen untuk senantiasa meneruskan perjuangan sosok Raden Ajeng Kartini, yang terkenal karena gagasan dan pemikiran besarnya. Terutama dalam memberikan kesadaran kepada kaum perempuan untuk mengenyam dunia pendidikan, yang pada saat ini hasil pemikirannya telah membuat perempuan turut andil dalam berbagai profesi, terutama bidang Pemerintahan,” tutur Arif.

Oleh karena itu, walikota berharap, tokoh emansipasi wanita ini dapat senantiasa menjadi inspirator bagi seluruh perempuan di Indonesia khususnya di Kota Tangerang sehingga mereka dapat senantiasa tumbuh menjadi perempuan yang kreatif, inovatif serta parsitipatif sesuai harapan Raden Ajeng Kartini.

“Berbagai prestasi telah dihasilkan kaum perempuan di berbagai bidang maupun dari segi kepemimpinan maupun program kerja, dan semua itu tidak terlepas dari buah pemikirannya. Selamat Hari Kartini kepada para perempuan di Kota Tangerang dan di seluruh Indonesia. Teruslah berkarya untuk Kota Tangerang dan Indonesia,” tutupnya.

Selain di Pemkot Tangerang, Suasana  hari Kartini juga dirasakan di beberapa gedung pemerintahan lainnya. Seperti terlihat di Kecamatan Batu Ceper, dimana para  pegawai perempuan secara kompak mengenakan kebaya. Tak ketinggalan pula para pegawai laki-laki juga tampak begitu gagah menggunakan pakaian khas Betawinya.

Bahkan di beberapa Puskesmas para dokter dan perawatnya melayani pasiennya dengan menggunakan baju kebaya. Tak ketinggalan pula para kader posyandu pun dengan kompak menggunakan baju yang menjadi ciri khas Indonesia tersebut.

Kondisi yang lain dari biasanya tersebut di tanggapi  positif oleh masyarakat yang datang ke puskesmas. Mereka mengapresiasi kepedulian para pegawai terhadap perjuangan dan dedikasi R.A Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan.

“Meski hanya lewat pakaian, namun terlihat jelas kepedulian mereka terhadap perjuangan R.A Kartini,” ujar salah satu pasien di Puskesmas Karawaci Baru.

(Gus N)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.