Pengurus Bhayangkari Cabang Serang Gelar Sidang Isbat Nikah

Spread the love

Jurnalline.com, Kab. Serang (Banten) – Pengurus Bhayangkari Cabang Serang menggelar sidang isbat nikah yang diikuti oleh 51 pasangan suami istri di Aula Mapolres Serang, Jumat (15/12).

Peserta sidang isbat nikah merupakan pasangan suami istri yang sudah lama menikah namun tidak tercatat negara dan tidak memiliki akta nikah.

“Kegiatan ini sungguh membahagiakan saya karena membantu program pemerintah dalam rangka pembinaan keluarga atas dasar ikatan ajaran agama melalui lembaga pernikahan”,Ujar Kapolres Serang AKBP Wibowo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakapolres Serang KOMPOL Heri Sugeng Priyanto.

Dalam sambutan itu, Kapolres juga mengatakan dengan isbat nikah maka kepastian hukum serta hak dan kewajiban pasangan telah dijamin oleh negara.” Akta nikah merupakan akta autentik karena akta nikah sebagai pejabat yang berwenang untuk melakukan pencatatan perkawinan dibuat sesuai bentuk yang ditetapkan sesuai aturan Pemerintah”,Ujarnya.

Meakipun undang-undang mengharuskan adanya akta nikah, Kapolres tak menampik masih banyak pasangan suami istri yang sudah menikah namun tidak memiliki kutipan akta nikah, lebih lanjut Kapolres juga menilai pernikahan merupakan cerminan kejiwaan pasangan laki-laki dan perempuan yang didasarkan atas nilai spiritual dan sosial. Sidang isbat nikah ini merupakan rangkaian acara Hari kesatuan Bhayangkari Tahun 2017 di Polres Serang.

Sementara itu Ketua Pengadilan Agama Serang, Dahli Efendi dalam sambutannya mengatakan Terima kasih atas terselenggaranya sidang isbat nikah oleh jajaran kepolisian. Menurut Dahli acara yang diprakarsai oleh Bhayangkari ini sangat membantu program pemerintah untuk pencatatan pasangan suami istri.

“Terima Kasih Polres Serang sudah membantu pemerintah, Kami berharap program ini dapat berkelanjutan karena di Kabupaten Serang tercatat ada 9000 pasangan suami istri belum mempunyai akta nikah”, Ujar Dahli.

Menanggapi harapan dari Ketua PA Serang, Ketua pengurus Bhayangkari Cabang Serang, Sofi Wibowo mengatakan segala program yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat tentunya akan dilakukan secara berkelanjutan

“Harapan Ketua Pengadilan Agama Serang merupakan masukan yang positif dan tentunya akan kami agendakan,”Ujar Isteri dari Kapolres Serang.

(Angga).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.