Dinas Koperasi UMKM Akan Lakukan Pembinaan Menyeluruh Pada 2018

Spread the love

Jurnalline.com, Tangerang Selatan – Koperasi yang di kelola dengan baik, akan mampu bersaing mengikuti perkembangan jaman. Mengapa demikian, pasalnya, prinsip yang di usung lebih kepada kegotong royongan dan juga tranparansi pengelolaan satu saham satu anggota.

Ketika di temui oleh jurnalline.com, Dahlia Nadeak, selaku Plt. Kepala Dinas Koperasi mengutarakan, akan melakukan langkah pembinaan di tahun 2018 ini agar dapat membentuk karakter usaha kecil menengah yang berdaya saing.

“Kami akan lakukan pembinaan lagi di tahun ini kepada para pelaku UMKM, agar lebih berdaya saing, dan lebih berkembang. Itu tugas fungsi kami untuk mengembangkan mikro mereka,” kata Dahlia saat berada di ruang kerjanya (05/01/2017)

Perlu di catat, bahwa saat ini Kota Tangerang Selatan memiliki koperasi sebanyak 630. Sedangkan yang aktif di Tangsel sebanyak 430 dari 630.

“Kita buat Koperasi, agar mampu memberikan solusi permasalahan UMKM. Spirit koperasi sejak dulu adalah semangat kegotong royongan. Dan untuk membuat peningkatan pengembangan ekonomi kerakyatan. Intinya semangat silih asih silih asuh,”tambahnya

Rencananya UMKM yang tadinya tidak punya modal, masuk menjadi anggota koperasi agar berhak mendapatkan bantuan bergulir atau pinjaman di koperasi.

“Bunganyapun cukup untuk dia, atau margin yang akan disepakati bersama, dan keuntungannya akan kembali kepada mereka. Dari mereka untuk mereka dan oleh mereka,”tutur Dahlia

Lebih lanjut Dahlia menambahkan bahwa dalam waktu dekat akan bangun konsep ini dengan nama Serbuk “1 koperasi 1000 Ukm” Dalam koperasi itu ada seribu anggotanya.

“Tangsel akan maju, Kalau UMKM dengan bantuan modal satu anggota saja, sebesar 5 juta rupiah, sudah berapa duit yang berputar? 5 M,”jawabnya

Dahlia juga berpesan bahwa minimal 50 persen dari 1000 itu harus maju, harus kita dorong. Koperasi adalah wadah/ lembaga. UMKM adalah usaha.

“Iya, 50 dari 1000 itu harus maju, kita punya 23.781 UMKM di Tangsel. Target kita hingga usai masa bakti kepemimpinan ibu walikota bisa sampai 100 persen. Dan saya berasumsi mudah-mudahan ini bisa terwujud. Harapan saya ayo kita sama-sama dengan para awak media bisa mewujudkan itu, tolong bantu bantu kami, wujudkan Kota Tangsel yang mandiri,” tutup Dahlia

(Tb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.