Kelurahan Bojong Jaya Wujudkan Kampung Layak Huni Melalui Program PHBS

Spread the love

Jurnalline.com, Kota Tangerang –Pemerintah Kota Tangerang terus mencanangkan Program Kampung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di setiap Kecamatan di masing – masing Kelurahan. Seperti di Kp. Kebon Jati RW 01 Kelurahan Bojong Jaya yang telah menerapkan Kampung PHBS diwilayahnya dengan mengadakan, kerja bakti bersama warga dan juga Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) Bojong Jaya dan PKK Bojong Jaya, bergotong-royong membersihkan dan membangun lingkungan yang semula kumuh menjadi hijau, bersih dan sehat. Dan untuk membantu serta melaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) turut serta dalam kegiatan tersebut, Minggu pagi (11/2/2018.

Dalam konsep Program Kampung PHBS bertujuan untuk mencermikan masyarakat yang mempunyai sifat gotong royong dan peduli akan lingkungan.

Lurah Bojong Jaya Haedar sandi mengatakan, penerapan program Kampung PHBS tidak hanya berbicara soal lingkungan semata. Namun juga mengubah pola pikir dan perilaku warga agar senantiasa melaksanakan kebiasaan yang sehat.

” Dengan diterapkannya kampung PHBS ini, di harapkan warga dapat menggubah perilaku hidup sehat dan bersih di kehidupan sehari – hari dan merasa bertanggung jawab terhadap lingkunganya sehingga terwujudnya kemandirian warga dalam menciptakan keluarga sehat yang berkualitas,” papar Haendar sandi Kepada Jurnalline.com.

sementara itu Ketua PKK Bojong Jaya Edi Winarni menambahkan, Kampung PHBS di Kampung Kebon Jati RW 01 tersebut melahirkan berbagai macam program kreatif yang di buat oleh warga setempat seperti, program 1 rumah 1 biopori, pojok rokok disetiap gang, penghijauan melalui penanaman pohon, pengecetan jalan lingkungan.

” Manfaatnya sangat dirasakan oleh warga sekitar, dan kami akan terus bergerak untuk menciptakan lingkungan yang tadinya kotor sekarang berubah menjadi bersih dan tertata rapih karena ini untuk warga bukan untuk para Kader PKK maupun pemerintah kota,”

Lebih lanjut Ketua Pokja Kelurahan Bojong Jaya Ahmad Yani menjelaskan, program PHBS yang sudah berjalan sembilan bulan lalu di RW 01 Kel. Bojong Jaya sempat tersendat dikarenakan adanya pengalihan nama program PHBS menjadi Kampung Iklim.

” Ketertinggalan program phbs di Kel. Bojong Jaya dari Kelurahan lainnya bukan berarti tidak mempunyai rasa simpatik dan mengabaikan begitu saja, justru dalam kegiatan sekarang ini bersama teman-teman mahasiswa dan juga pkk, ingin membuktikan bahwa khususnya di wilayah Bojong jaya bisa berbuat berpartisipasi menjaga kebersihan dan pembenahan juga pembinaan dalam hal, pola hidup bersih sehat kepada warga yang awalnya sempat tersendat karena pengalihan nama program tersebut,” tambah Ahmda Yani.

Diharapkan program Kampung PHBS yang sudah ada dapat terus terlaksana guna mendukung program Pemkot Tangerang yakni Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

(aris/abidin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.