Dimulainya Operasi Simpatik Keselamatan Kalimaya 2018 Ditlantas Polda Banten

Spread the love

Jurnalline.com, SERANG KOTA (BANTEN) – Bertempat di Posko Operasi Simpatik Keselamatan Kalimaya 2018 di Mapolda Banten, pelaksanaan operasi dalam mewujudkan keamanan, keselamatan dan ketertiban serta kelancaran lalu lintas dengan sandi operasi “Keselamatan Kalimaya 2018” hari Pertama tepatnya di mulai tanggal 05 Maret 2018 hingga tanggal 25 Maret 2018 serentak di seluruh Indonesia.

“Pelaksanaan Operasi Simpatik Keselamatan Kalimaya 2018, menitik beratkan kepada upaya Preemtif, Preventif dan Represif dalam rangka menurunkan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, sebanyak 388 Personil berbagai fungsi di Polda Banten dan juga Satuan Polres dilibatkan,” tutur Kasatgas Opsda Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo.

Adapun hasil pelaksanaan Operasi Kalimaya 2018 hari Pertama tanggal 05 Maret 2018, di wilayah hukum Polda Banten yaitu pelanggaran lalu lintas sebanyak 1372 dengan bentuk tilang sebanyak 459 dan 193 teguran kepada pelanggar, jumlah penindakan terhadap pelanggar mengalami kenaikan bila di bandingkan pada tahun 2017 yaitu 825 berupa tilang sebanyak 186 dan 640 Teguran.

Kejadian kecelakaan lalu lintas selama pelaksanaan operasi mengalami penurunan sebanyak 100% bila di bandingkan tahun 2017 yaitu 1 kejadian kecelakaan dengan 1 orang meninggal dunia serta kerugian materi Rp 5.000.000,-

Kegiatan Preemtif atau Dikmas Lantas berupa penyuluhan melalui media cetak, media elektronik, dilaksanakan, tempat peritirahatan dan daerah rawan laka lantas serta rawan macet sebanyak 76 kali yang bertujuan untuk menggugah dan mengajak masyarakat untuk tertib dan patuh aturan lalu lintas.

Disamping itu upaya pemasangan spanduk, leaflet dan pembagian stiker dilakukan sebanyak 266 kali. Serta Program Nasional Keamanan Lalu Lintas yang berupa kegiatan Polisi Sahabat Anak, Patroli Keamanan Sekolah dan Pramuka Saka Bhayangkara Krida Lalu Lintas dilaksanakan sebanyak 8 kali.
Implementasi Program Nasional Keselamatan Lalu Lintas berupa Police Goes To Campus, Safety Riding dan Driving serta Global Road Safety Partnership Action dilaksanakan sebanyak 16 kali.

“Dalam upaya pencegahan terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dilaksanakan penggelaran personil untuk giat pengaturan lalu lintas di 246 titik, penjagaan lalu lintas di 68 lokasi, pengawalan terhadap VIP dan kegiatan masyarakat sebanyak 14 kali serta giat patroli pada daerah Black Spot dan Troubel Spot sebanyak 214 kali,” terang Kombes Pol Djatiutomo.

Direktur Lantas Polda Banten Kombes Pol. Tri Julianto Djatiutomo, S.I.K, dalam Operasi Simpatik Keselamatan Kalimaya 2018 ini selaku Kepala Satuan Tugas Opsda dalam rangka suksesi Operasi menghimbau kepada masyarakat agar:

1. Berhenti dan tidak panik saat menemukan kegiatan operasi.
2. Lengkapi administrasi kendaraan berupa STNK dan SIM.
3. Cek kondisi kendaraan sehingga laik jalan.
4. Senantiasa mengenakan Helm dan sabuk keselamatan.
5. Patuhi rambu perintah dan rambu larangan.
6. Tidak menaikkan dan menurunkan penumpang sembarangan terlebih ngetem karena menyebabkan kemacetan.
7. Berkendara tidak melawan arus.
8. Tidak menerobos APIL atau lampu lalu lintas demi keselamatan bersama.

(Ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.