Kodim 1501/Ternate Gelar Latihan Menembak Senjata Ringan

Spread the love

Jurnalline.com, Maluku Utara – Untuk mempertahankan kualitas dan jati diri sebagai benteng pertahanan negara, Kodim 1501/Ternate menggelar Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) Triwulan II TA 2018, bertempat di Lapangan Tembak R. Malik Malan Kel. Tubo Kec. Ternate Utara, Kota Ternate, Rabu (30/5/2018).

Berdasarkan press release yang diterima reporter Jurnalline.com, Kapten Arm Hamdi Mulya menuturkan, Tentara sebagai pilar dalam mengamankan kedaulatan negara dan terus hadir menjaga teritorial wilayah Indonesia, wajib terus ditingkatkan kemampuannya.

“Keterampilan menembak menjadi bagian yang patut dikuasai sampai pada tahap mahir oleh seluruh tentara dalam upaya menjalankan tugas dan fungsinya. Bagian keterampilan yang wajib dikuasai prajurit adalah Menembak Senjata Ringan (Bakjatri). Inilah yang sedang kita latihkan saat ini,” kata Pasiops Kodim 1501/Ternate wilayah Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Barat ini.

Pelatihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) yang diselenggarakan oleh Kodim 1501/Ternate ini memang difungsikan dalam meningkatkan kemampuan menembak prajurit. “Selain hal tersebut, latbakjatri juga sebagai bentuk pembinaan personel, pelatihan ini dilaksanakan selama empat kali dalam setahun” Ujarnya

Sementara itu, Dandim 1501/Ternate Letkol Kav Bambang Sugiyarta,S.H,M.M,M.Tr(han), dalam keterangannya menyampaikan, latihan menembak ini penting lebih diperuntukkan mengasah kemampuan prajurit dan meningkatkan profesionalisme TNI agar mahir menggunakan senjata.

“Bagi Tentara, mahir menembak itu wajib. Jadi, kemampuan itu tidak boleh hilang, makanya harus terus dilatih. Seorang Babinsa tidak akan menggunakan senjata dalam melaksanakan tugas utamanya sebagai aparat teritorial tetapi dengan pendekatan, namun latihan menembak hukumnya wajib dilaksanakan bagi seorang prajurit,” Jelasnya

(WY/JK-1501)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.