PWI Kab. Tangerang, Himbau Masyarakat Tangkal Berita Hoax Dengan Edukasi Literasi

Spread the love

Jurnalline.com, Kab. Tangerang –
Seiring berkembangnya teknologi informasi yang bermunculan di media sosial. Berbagai langkah pun bermuncul untuk menanggulanginya oleh semua pihak.

Hal itu dikemukakan melalui acara diskusi publik yang digelar Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kab. Tangerang di Tigaraksa dengan tema “Menghalau Maraknya Berita Hoax” dengan menggandeng para instasi pemerintah dan juga TNI-Polri untuk mengajak masyarakat bersikap kritis dan cerdas dalam mencermati sebuah informasi, Rabu (6/6/2018).

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin mengatakan berita palsu (Hoax) dapat ditangkal dengan meningkatkan budaya literasi masyarakat, karena masyarakat yang gandrung membaca akan terlatih untuk bersikap kritis.

” Saat ini budaya literasi kita masih rendah,hal ini yang perlu perhatian serius dan sekaligus juga sebuah dorongan berbagai pihak,” ujarnya.

Ia pun mengajak semua pihak untuk memberikan perhatian serius untuk meningkatkan minat baca masyarakat mengigat kebiasaan membaca dapat memperluas sebuah wawasan.

” Dengan minat membaca dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jadi memerangi hoax harus dengan pendekatan budaya,” jelasnya.

Diharapkan literasi harus menjadi budaya masyarakat. Dengan literasi masyarakat akan lebih jeli menerima sebuah informasi.

Setelah selesainya diskusi publik acara dilanjut dengan ditutup pemberian santunan kepada Anak Yatim-Piatu.

(Aris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.