MOU Penandatangan Polda Banten Kerjasama Dengan Perum Bulog

Spread the love

Jurnalline.com, Serang Kota –Menindaklanjuti pelaksanaan operasi pasar dan pembentukan satgas dalam mengawasi harga pangan serta ketersediaan pangan di lapangan, Kepolisian Polda Banten dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Regional Jakarta dan Banten menandatangani Nota Kesepahaman atau disebut Memorandum Of Understanding (MOU).

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, untuk menindaklanjuti kegiatan stabilisasi harga dan ketersediaan pangan, pihaknya bekerjasama dengan membuat kesepakatan dengan Perum Bulog Regional Jakarta dan Banten yang akan memperluas jaringan pendistribusiannya.

“Beberapa waktu yang lalu kita selalu melaksanakan kegiatan stabilisasi dengan melakukan operasi pasar dan juga pembentukan satgas pangan untuk mengawasi harga-harga dipasaran. Namun saat ini kita melakukan kerja sama dengan memperluas jaringan pendistribusian,” kata Kapolda Banten

Sebelum MOU ini dibuat, Polda Banten dan Perum Bulog telah bekerjasama melaksanakan kegiatan operasi pasar dan pembentukan Rumah Pangan Kita (RPK). Keanggotaan RPK sendiri terdiri dari anggota serta Purnawirawan Polri dan telah bekerjasama dengan beberapa Pondok Pesantren.

“Program Rumah Pangan Kita sebelumnya telah bekerja sama dengan Pondok pesantren dan Purnawirawan Polri. Ikut membantu menyalurkan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan harga yang stabil sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) dan disatu sisi mensejahterakan anggota Polri,” terang Kapolda Banten.

Menurutnya, dengan adanya program RPK ini sebagai strategi untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangannya. Diharapkan dari hal tersebut tidak akan terjadi kenaikan dan kelangkaan.

“Dengan tersedianya tempat-tempat dimana masyarakat dapat mendapatkan sembako dengan mudah dan harga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Harapannya tidak ada lagi kelangkaan, tidak ada lagi harga naik,” harap Kapolda Banten

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perum Bulog Divisi Jakarta – Banten Fasika Khaerul Zaman menerangkan bahwa kerjasama antara Polda Banten dengan pihaknya akan mempermudah dalam melakukan upaya pengendalian serta monitoring harga dan ketersediaan pangan dilapangan.

“Sesuai dengan arahan pemerintah, pihak kepolisian juga bertugas dan bertanggungjawab kaitannya dengan stabilisasi harga melalui satgas pangan. Supaya pengendalian harga dan monitoringnya lebih efektif kita melakukan kerjasama dengan Polda Banten,” kata Fasika Khaerul Zaman.

Nantinya, lanjut Khaerul, Polda Banten akan dijadikan contoh atau role model kepada Polda-Polda lainnya di seluruh Indonesia.

“Ini pertama kali di Indonesia, nanti kita akan jadikan role model untuk Polda di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

(Ags/ Humas Polda Banten)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE