Pangdam Madsuni Berangkatkan 500 Personil Yon 711 Fks

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni SE Pimpin langsung Upacara pemberangkatan pasukan Yonif 711/Rks. Sementara Komandan Upacara (Danup) dibawakan oleh Danyonif 711/Rks Letkol Inf. Fanny Pantow (Dansatgas Pam Rahwan Maluku dan Maluku Utara).

Upacara tersebut digelar di Dermaga Lanal Palu Kelurahan Watusampu, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Senin (09/07) pagi dan dihadiri sejumlah pejabat dari Kodam Merdeka dan Korem 132/Tdl, serta Pejabat Polda Sulteng.

Pangdam dalam amanatnya menyampaikan bahwa wilayah geografi Maluku dan Maluku Utara sangat luas dan berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Filipina, Timur Leste dan Australia. Untuk itu, wilayah tersebut memiliki potensi kerawanan tersendiri dengan sebagai jalur ALKI III dengan SDA yang berlimpah.

“Konflik horizontal di Maluku Utara menyisakan kerawanan munculnya kerawanan RAKI, RAKA dan RALA,” kata Jenderal berbintang dua itu.
Selain menjaga nama baik satuan, Pangdam berharap prajurit Kodam yang diandalkan, mampu mengembangkan naluri tempur dan naluri intelejen.

“Saya perintahkan jaga nama baik satuan, laksanakan tugas dengan penuh keyakinan, yakinlah kami disini mendoakan keselamatan kalian. Tunjukkan bahwa kalian itu adalah prajurit Kodam XIII/MDK yang bisa diandalkan dan dilandasi dengan sikap disiplin yang tinggi. Jaga kesiapsiagaan dan kewaspadaan dengan mengembangkan naluri tempur dan naluri intelijen dan utamakan faktor keamanan dengan benar agar tidak terjadi kerugian yang tidak perlu,” tandasnya.

Usai upacara, pasukan Yonif 711/Rks kembali ke hombase (Mako Yonif 711/Rks) sambil menunggu kapal Milik TNI,
Ke-500 pasukan tersebut menurut rencana akan ditugaskan selama 9 bulan dengan waktu keberangkatan terjadwal pada Kamis 12 Juli 2018 berpenumpangkan KRI Tekuk Bintuni.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.