Pangdam Madsuni Hadiri Pembukaan TMMD ke 102 Kodim 1304 Gorontalo

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Upacara Pembukaan Operasi TMMD ke – 102 Wilayah Kodim 1304/Gorontalo dengan tema “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial” di Lapangan Kecamatan Wonosari Ds. Bongo II Kab. Boalemo Prov. Gorontalo, Pada hari Selasa tanggal 10 Juli 2018 pukul 09.30 WITA.

Bertindak sebagai inspektur upacara Drs.H Rusli Habibie,M.Ap (Gubernur Gorontalo) Komandan upacara Mayor Inf Jonget Matagena (Wadan Yonif 713/ ST) dan Kpt Inf Lasiman (Pasi Pers Rem 133/ NB) yang diikuti oleh sekitar 1500 Personil TNI-Polri, tamu Undangan serta Masyarakat Kec. Wonosari. B.

Hadir dalam giat Upacara pembukaan TMMD sebagai berikut :

1. Mayjen TNI Madsuni (Pangdam XIII/Merdeka) 2. Drs.H. Rusli Habibie M’ Ap (Gubernur Gorontalo) 3. Brigjen Pol Drs Rachmad Fudail.MH (Kapolda Gorontalo) 4. Brigjen TNI Joseph Robert Giri. S.I.P., M.Si (Danrem 131/Stg) 5. Kol Czi Arnold Aristoteles Ritiaw (Danrem 133/Nwb) 6. Letkol Laut (P) Tonni Sundah (Danlanal Gorontalo) 7. Letkol Inf Veriyanto Napitupulu (Danbrigif 22/ Oms) 8. Akbp Adr Peana Sik (Kapolres Boalemo) 9. H. Darwis Moridu (Bupati Boalemo) 10. Para Asisten Kasdam XIII/Mdk 11. Para Kabalakdam XIII/Mdk 12. Para Kasirem 131/Stg 13. Para Kasirem 133/Nwb 14. Para Dandim di Jajaran Kodam XIII/Mdk 15. Para Danyon jajaran Brigif 22/Oms 16. Para Pimpinan OPD Prov. Gorontalo C.

Susunan Pasukan peserta upacara adalah sebagai berikut :

– 1 SSK Kodim 1304/Gorontalo – 1 SST Lanal Gorontalo – 1 SST Sat Radar 224/Kwandang – 1 SST Yonif 713/ST – 1 SST Brimobda Gorontalo – 1 SST Sabhara Polres Boalemo – 1 SST Basarnas Gorontalo – 1 SST Sat Pol PP Kab. Boalemo – 1 SST Satsik Pol PP Pemko Gorontalo – 2 SST Pelajar dari perwakilan SD, SMP dan SMA di Kec. Wonosari. D. Sambutan Drs.H. Rusli Habibie M’ Ap (Gubernur Gorontalo) yang intinya :

1. Alhamdulillah, Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikanNya, sehingga pada han ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir bersama-sama untuk hadir pada acara Pembukaan Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dulu kita kenal dengan AMD (ABRI Masuk Desa).

2. Kemanunggalan tentara dengan rakyat sudah sejak lama terbangun dan dipeliíhara sehingga menjadi tradisi dan budaya republik ini. Banyak sejarah mencatat tentang kesatuan rakyat dan tentara dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3. Mulai dari periode pra kemerdekaan hingga mengisi kemerdekaan tentara dan rakyat bahu membahu membangun Negara dan bangsa yang kita cintai ini.

4. Tidak ada keraguan sedkitpun dari peran tentara dalam mengisi pembangunan karena sudah banyak bukti dan fakta sejarah tentang loyalitas tentara pada rakyat Indonesia.

5. Di Gorontalo sejarah juga mencatat proses perjuangan kemerdekaan di Provinsi Gorontalo melalui proses kemanunggalan Tentara dan rakyat Gorontalo yang ketika itu dipimpin oleh Nani Wartabone dan alhamdulillah telah berhasil memerdekakan tanah Gorontalo dari cengkeraman penjajah.

6. Bukti kongkrit dari kemanunggalan tentara dan aspek, Tentara bersama pemerintah daerah konsisten membangun daerah rakyat akan terus berlanjut melalui pembangunan TNI dan rakyat akan tetap tercipta secara bersama sebagaimana yang dicita-citakan.

7. TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang telah dimulai sejak dicanangkan pada tahun 1980, pada hakekatnya merupakan bagian dari upaya peningkatan tarap hidup dan kesejahteraan rakyat melalui persatuan gerak pengelolaan pembangunan bermasyarakat bersama unsur TNI dengan rakyat Tentunya dengan satu tujuan yaitu membantu masyarakat membangun desanya yang lebih baik dari sebelumnya.

8. TMMD sebagai bentuk pengabdian demi terwujudnya pertahanan Negara di daerah tangguh, juga merupakan upaya TNI untuk berkontribusi melestarikan sejarah terutama nilai kemanunggalan TNI-Rakyat .

9. Secara substansial, TMMD dapat dipandang sebagai tesis keterlibatan TNI dalam pembangunan yang mengacu pada kesederhanaan, kebersamaan dan koordinasi lintas sektor fungsi dan beberapa instansi lembaga terkait.

10. Pelaksanaan TMMD ini merupakan bukti kepedulian dari segenap unsur TNI dalam upaya memperteguh sikap dan tekad kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dalam kiprahnya selalu mengabdikan dirinya bagi kepentingan rakyat. Terlebih sekarang ini sesuai program nawacita dari Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan seluruh Kabinet Kerja adalah membangun Indonesia dari pinggiran Desa dan menata Kota .

11. Pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah selama ini telah banyak mengubah kehidupan masyarakat menuju perbaikan yang lebih baik. Perbaikan tersebut diukur dengan adanya peningkatan taraf pendidkan, derajat kesehatan dan daya beli masyarakat.

12. TMMD tidak hanya melaksanakan kegiatan fisik tapi juga nonfisik adalah kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan pembinaan mental, pembinaan spiritual, atau perjuangan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat melalui penyuluhan penerangan dan pelathan keterampilan oleh organisasi Pemerintah Daerah terlebih tentunya sekarang bahaya dan faham radikalisme kita ketahui bersama sudah masuk ke Desa-desa.

13. Program pengembangan desa ini merupakan program yang dilakukan lintas sektoral tentunya tujuannya adalah mempercepat penanggulangan kemiskinan terutama bagi desa yang menjadi lokasi TNI Manunggal Membangun Desa agar benar-benar dapat terwujud.

14. Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, yaiłtu kepada pimpinan TNI/Polri, Bupati, Camat, Kepala Desa dan sebagai informasi saat ini pembangunan di ProvinsiGorontalo terus dilanjutkan dengan mengusung 8 program unggulan sesuai dengan arahan dalam RPJMD 2017-2022, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, Ekonom, Pemerintah yang lebih melayani, Agama, Budaya serta Pariwisata dan Lingkungan, kami juga terus melakukan perluasan perjangkauan dalam penyediaan layanan publik.

15. TNI Angkatan Darat bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia bersama seluruh jajarannya. Selain itu, kerjasama dilakukan dengan Bapppeda Provinsi, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi (BPMPDP) serta Pemerintah Daerah atau Kabupaten/Kota.

16. Semua arah kebijakan tersebut diakomodir dalam perencanaan pembangunan di tahun 2018 melalui sistim perlindungan sosial, Kegiatan Jamkesda, Prodira BPNTD, 35000 KK Selain itu juga melalui peningkatan layanan dasar, antara lain dengan pembangunan Rumah Layak Huni Pembangunan Jalan usaha tani, penyediaan kelistrikan, pembangunan sarana dan prasarana, air.

17. Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian lembaga non pemerintah dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat di wilayah masing-masing Program ini juga merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan Negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan serta keamanan dalam bentuk apa pun yang dapat menimbulkan ketidakstabilan keamanan dan ketentraman di daerah ini.

18. Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Dan terakhir, tentunya kita berharap kerjasama dengan TNI dalam melaksanakan pembangunan akan tetap kita lanjutkan karena manfaatnya sudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Beberapa hal pokok yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini adalah sebagai berikut :

a. Pemberian dukungan bagi masyarakat miskin pengelolaan potensi ekonomi lokal untuk dalam menciptakan penghidupan yang layak dan berkelanjutan
b. Penanganan fakir miskin wilayah pesisir
c. Penanganan layanan kesehatan fakir miskin
d. Pemberian bantuan studi bagi mahasiswa miskin
e. Penanganan daerah rawan pangan
f. Pemberdayaan social fakir miskin dan komunitas adat terpencil
g. Pukul 10.15 Wita, dilanjutkan dengan Pertunjukan Tarian Tarian Reok Ponorogo dan Tarian Saronde Gorontalo serta Hiburan/Ramah tamah.
F. Pukul 12.00 Wita, kegiatan selesai.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.