Tanggul Penahan Longsor Rampung Dikerjakan, Masyarakat Pulau Hiri Apresiasi Kerja Cepat TNI

Spread the love

Jurnalline.com, Maluku Utara – Pengerjaan tanggul penahan longsor yang berada di Kelurahan Mado Kecamatan Pulau Hiri yang dimulai beberapa hari lalu sudah hampir rampung dikerjakan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kondisi tebing tanah di Kelurahan Mado yang telah menghawatirkan dan sewaktu-waktu bisa saja longsor, serta diperparah lokasi tebing yang tepat berada di belakang perumahan masyarakat sehingga membahayakan keselamatan masyarakat sekitar.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, kemudian faktor cuaca ekstrim yang sering terjadi belakangan ini sehingga pengerjaan tebing tersebut dipercepat guna menghindari terjadinya musibah longsor. Setalah hampir sepekan dilaksanakan, pengerjaan tanggul tersebut kini hampir rampung dan memasuki tahapan finishing.

Berdasarkan press release yang diterima reporter Jurnalline.com, Arfan salah seorang warga setempat yang juga ikut membantu pengerjaan merasa senang dan apresiasi atas kerja cepat TNI untuk membuat tanggul teesebut, katanya selama ini masyarakat resah dengan kondisi tebing yang sewaktu-waktu dapat membahayakan.

“kalau hujan deras, hati kami susah. Jangan sampai tanah dibelakang rumah longsor kemudian menghantam rumah sekaligus isinya. Tapi sekarang kami bersyukur, karena bapak TNI begitu cepat membangun tanggul” ungkapnya penuh rasa syukur

Sementara itu, Dansatgas TMMD 102 Letkol Inf Bambang sugiyarta, S.H, M.M., M.Tr (Han) menyampaikan, bahwa pembuatan tanggul menjadi prioritas, mengingat kondisi tebing yang kapan saja akan mengalami longsor, apalagi ditengah cuaca yang kurang bersahabat.

“Tanggul ini kita buat secara berundak sehingga kuat menahan tanah dan menghindarkan dari bencana longsor, pembuatan tanggul memang sepekan terakhir kita prioritaskan karena sangat mendesar menimbang faktor cuaca yang ekstrim.

(YUDI/Penrem 152)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.