TMMD ke 102 Kodim 1501/Ternate Kenalkan Potensi Industri Pariwisata Kepada Masyarakat Hiri

Spread the love

Jurnalline.com, Maluku Utara – Dalam rangkaian kegiatan TMMD ke-102 Kodim 1501/Ternate dilaksanakan sosialisasi potensi industri sektor pariwisata kepada masyarakat Kecamatan Pulau Hiri sebagai bentuk upaya peningkatan kesejahteraan dan menciptakan masyarakat sadar wisata, yang dipusatkan di Kantor Lurah Tomajiko, Hiri, Ternate, Senin (16/7/2018).

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Kantor Lurah Tomajiko, dengan menghadirkan narasumber Ota dari Dinas Pariwisata Kota Ternate dan dihadiri oleh Dan SSK Lettu Inf Hadi Talaohu, Kades Tomajiko Rusli Ali serta masyarakat dari sekitara Kelurahan Tomajiko.

Ota menjelaskan, potensi pariwisata saat ini merupakan salah satu sektor yang paling menjanjikan serta memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah khususnya pada pendapatan asli daerah sekaligus juga mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya dari sektor jasa maupun niaga.

Ota melihat pulau yang berdekatan dengan ternate itu memiliki daya tarik yang bisa dijadikan aset untuk pengembangan industri pariwisata.

“Apabila kita melihat kondisi Pulau Hiri ini menyimpan sejuta keindahan dan potensi pariwisata yang cukup lengkap baik pegunungan, pantai, sosial budaya, kearifan lokal, pantai, pesona bawah laut hingga potensi ikan yang berlimpah dan juga Pulau Hiri hanya berjarak beberapa Mil dari Pulau Utama yaitu Ternate” papar ota dalam press release yang diterima reporter Jurnalline.com

Menurut ota, hal tersebut sudah menjadi modal dasar yang dapat kita olah menjadi potensi wisata yang kita kemas dalam kemasan yang lebih menarik sehingga mengundang masyarakat untuk berkunjung.

Namun demikian, lanjut Ota dalam pelaksanaannya akan dihadapkan dengan sejumlah kendala, seperti transportasi dan akomodasi. Namun, itu bukan masalah krusial yang menghambat pengembangan sektor pariwisita di pupau hiri.

“Ada beberapa kendala maupun keterbatasan yang ada khususnya sarana transportasi maupun akomodasi namun hal tersebut bukan menjadi hambatan yang begitu berarti dan akan terus dibenahi mengikuti laju pembangunan yang ada, namun satu yang menjadi salah satu modal dasar dalam menciptakan iklim pariwisata yang baik adalah menciptakan masyarakat melek/sadar wisata, hal ini menjadi krusial dan penentu dalam berkembang atau tidaknya pariwisata di daerah” pungkasnya

(YUDI/Penrem 152)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.