Flag Relay Merah Putih Lima Atlit Asean Games Keliling Nusantara

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Flag Relay Merah Putih 2018 rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke 73 tahun 2018, mengelilingi nusantara, Senin (1/10/2018) kemarin tiba di manado sulawesi utara dijemput sekitar 1500 personil kodam XIIImerdeka.

Dijemput langsung Kasdam XII/Merdeka Brigjen Fajar Setyawan, didampingi Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Josep Robert Giri, Kelima atlet Indonesia Asean Games Jakarta Palembang masing masing Serda (K) Huswatun Hasanah atit Tinju kelas ringan 60 kg merah medali perak dan perunggu, Serda (K) Dini Mitasari atlet sepak takraw peraih medali perunggu, Serda Jas Rio Akbar atlet Dragon boat 1.000 meter dan 500 meter peraih medali perak dan perunggu, dan Serda Bah Ririn Pujiastuti atlet Dragon boat 200 meter peraih medali perak dan Pratu Mar Ardianto atlet Rowing LM B 8 peraih medali emas mendapat apresiasi dan pengawalan dengan parade bentangan merah putih sepanjang 500meter.

Dalam Rangkaian kegiatan pelaksanaan HUT TNI ke 73 (5/10/2018) salah satu kegiatannya adalah pawai bendera (Flag relay) dengan titik start di Provinsi Sabang dan nantinya Finish di Merauke secara estafet.

“Komposisi pasukan pawai dengan melibatkan TNI Polri, dan seluruh Elemen masyarakat keliling wilayah Indonesia bertujuan membangkitkan jiwa nasionalisme dan menunjukan bahwa antara TNI dan Rakyat tidak ada pemisah. kerena TNI berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.” tukas Kasdam XII/Merdeka Brigjen Fajar Setyawan ketika diwawancarai awak media

Lanjutnya Flag Relay Memiliki peran penting bagi TNI, Rakyat dan Bangsa Indonesia TNI bersama elemen masyarakat membangkitkan jiwa nasionalis, membangun dan mempertahankan keutuhan NKRI sebagai bangsa yang besar.

Diketahui bahwa pembawa bendera Merah Putih dari sabang sampai merauke adalah prajurit TNI dari tiga matra, TNI AU,TNI AL,TNI AD termasuk prajurit yang berprestasi peraih medali pada perhelatan Asean Games 2018.

Berbagai rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT TNI dimulai dari Rekor tari Gemufamire, Outbound Wartawan, Joy Sailing media massa, Gebyar karya pertiwi, Ziarah nasional, Pameran Alutsista, dan batik massal.

Flag Relay mulai dari (28/9/2018 hingga 4/10/2018) dimulai dari titik nol pulau sabang, sampai merauke melalui wilayah NKRI diantaranya Banda Aceh, Pekanbaru, Riau, Palembang, Jogya, Surabaya, Balikpapan, Sulut, Makassar, Kupang, Ambon, Sorong dan berakhir di Merauke untuk dikibarkan pada Upacara HUT TNI ke 73 bertindak sebagai Inspektur Upacara Panglima TNI Marsekal Hadi TJahjanto, S.IP

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.