Jawa Tengah Juara Umum Kejurnas Pordasi Seri II Piala Presiden RI 2018

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Persatuan Olah Raga Berkuda Seluruh Indonesia PP PORDASI Indonesia menggelar Kejuaraan Nasional Seri II Berkuda memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia, berlangsung di Gelanggang Maesa Tompaso, Minahasa, Sulawesi Utara, sabtu (22/12/2018) diikuti 9 Provinsi seluruh Indonesia.

Kejurnas Seri II Berkuda Minahasa tahun 2018, dibuka oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Yasonna Laoly, didampingi oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandow, Ketua Umum PP Pordasi H.Mohammad Chaidir Saddak, MBA, Ketua Umum Pengprov Pordasi Sulut Ferry MKA. Wowor, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring, MSi, dan bersama Jajaran pimpinan PORDASI Indonesia,

Dalam Laporannya Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Olah Raga Berkuda Seluruh Indonesia, H.Mohammad Chaidir Saddak,MBA. Pasca revitaliasai gelanggang pacuan kuda pulo mas menjadi venue internasional equistrian Asean Games 2018 lalu, praktis Gelanggang Pacuan kuda Maesa Tompaso inilah menjadi Gelanggang Pacuan Nasional terbaik di Indonesia disamping Pacuan kudaPantai Indah Legok Jawa Pangandaran Jawa Barat.

“Ajang Kejurnas ini merupakan titik kulminasi pembinaan prsstasi cabang olah raga pacuan kuda Indonesia yang tidak boleh berhenti, karena disinilah para peternak, pelatih, joki, dan groom serta pemilik kuda mewujudkan impian mereka menjadi yang terbaik diajang pacuan kuda Nasional.” Imbuh Chaidir

Semoga keberhasilan yang telah dicapai para petani peternak selama 43tahun terakhir, akan memberikan dampak nilai ekonomis dan dapat menampilkan prestasi terbaiknya melalui pemecahan rekor pada pacuan yang kita laksanakan hari ini. Tekad kita Olah raga berkuda akan mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa di bingkai NKRI.

Ditempat yang sama Mentri Hukum dan Hak  Asasi Manusia HAM RI, Yasonna Laoly. dalam sambutanya menyampaikan selamt bertanding kepada para Atlet berkuda yang akan berlaga di ajang Kejurnas seri dua ke 53 tahun 2018 seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Kejurnas Seri satu yang telah dilaksanakan di Salatiga Jawa Tengah dan ini boleh dikatakan sebagai penentu, kontingen terbaik mana yang akan meraih juara Piala Bergilir dari Presiden RI 2018.”ujar Menteri Yasonna

Gubernur Olly Dondokambey mengatakan takbisa dipungkiri olah raga berkuda adalah sarana pembangunan bangsa yang sangat efektif dalam menghaailkan manusia yang unggul, disiplin, sportif, ulet, kuat pantang menyerah.

“Berharap , seluruh peserta mamou menjadikan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Pordasi ke 53 ini sebagai ajang meningkatkan kemampuan, membina, melatih, teknik kepiawaian dicabang olah raga berkuda.” terang OD

Terpenting jalinan silahturami, persaudaraan, rukun damai adalah garansi dalam dinamika bermasyarakat.”tanpa dinamika kehidupan damai dan harmonis, visi pembangunan akan mustahil dicapai secara optimal.”

Kejuaraan Nasional yang di ikuti para Atlit berkuda di Indonesia terbagi dalam 13 kelas dan 2 kelas Lokal. Kesempatan ini pula Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring, M.Si, memberikan hadiah kepada pemilik dan penunggang kuda yang mendapat juara dalam kelas B jarak 1850 Meter.

” Selamat kepada Pemilik dan Atlit (Jokcy) yang mendapat juara satu, dua, dan juara Tiga dalam kelas ini, dan berharap kepada atlit untuk menjunjung tinggi sportivitas dalam berlomba,” Ucap Bupati ROR

Perhelatan Kejurnas Berkuda seri II ke 53 tahun 2018 ini, memperebutkan Piala Presiden RI, dipertandingkan masing masing Piala Bupati Polewali Mandar kelas pardana cd 800meter dengan hadiah Rp.7juta, Piala Kapolda Jateng kelas calon remaja 1300meter hadiah Rp.9juta, Piala Pemgprov Pordasi Sulut kelas F.1000meter hadiah Rp.15juta, Piala Bupati Minahasa kelas 1000meter hadiah Rp.20juta, Piala Pangda. XIIImeredeka Kelas 1100meter hadiah Rp.30juta, Piala Pengprov Pordasi Jateng kelas 1200meter hadiah 15juta, Piala Wagub sulut Kelas B.Sprint 1200meter hadiah Rp. 40juta, Piala Josoef Memorial Kelas A super sprint terbuka 1300meter hadiah Rp.50juta, Piala Sekprov Sulut Kelas D terbuka 1400meter hadiah 20juta, Piala Kapolda Kelas C 1600meter Hadiah Rp.30juta, Piala Gubernur Sulut Kelas B 1850meter hadiah Rp.40juta. Dan Piala Menteri Pemuda Dan Olah Raga (Menpora RI) Kelas Terbuka 2200meter star of star hadiah 5juta.

Hasil Ajang Kejurnas Seri II Berkuda 2018 Piala Bergilir Presiden RI Juara Umum Jawa Tengah dengan jumlah Poin 144, Kemudian diikuti Kontingan Sulut, dengan poin 94,5, dan di urutan ke Tiga, kontingen Jabar dengan poin 83,5.

(EffendyIskandar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.