Saya Adalah BuktiI Nyata Dari Pelayanan Kesehatan Yang Responsif

Spread the love

Jurnalline.com, Prabumulih (Sumatra selatan) – Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dikelola dengan prinsip gotong royong. Subsidi silang antara yang mampu dengan yang tidak mampu, antara yang sehat dengan yang sakit, menjadi bagian nyata dari program ini. Hal ini disadari betul oleh ibu Soraya.

Wanita berumur 45 tahun ini mengaku sangat beruntung menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pasalnya, kesehatan merupakan kunci penting bagi kehidupan manusia.

“Kalo sudah sakit, yang enak pun akan terasa sangat tidak enak dan biaya ketika sakit tidak ada yang tau. Kondisi keuangan seseorang tidak selamanya mampu bayar sendiri. Oleh karena itu kesehatan perlu dijaga dan dijaminkan ke BPJS Kesehatan” kata Soraya.

Soraya hanya sebagai Ibu Rumah Tangga sedangkan suami bekerja sebagai buruh harian lepas. Ibu dari 3 orang anak yang sangat memikirkan masa depan anaknya. Oleh karena itu kerja keras dan menjaga kesehatan adalah hal yang penting yang harus dilakukan. Dengan terdaftar menjadi Peserta JKN KIS, membuat Soraya menjadi siaga terhadap penyakit yang dapat datang kapan saja.

Soraya telah terdaftar menjadi peserta JKN KIS sejak tahun 2014. Pada Juli 2018 lalu, Soraya sempat menderita penyakit maag dan sempat pula operasi kelenjar pada lehernya. Soraya mengatakan bahwa menggunakan kartu JKN KIS pun Fasilitas Kesehatan sangat responsif, tidak ada pembedaan antara pasien umum dengan pasien yang menggunakan kartu JKN KIS. Perawatan Soraya pada saat itu hingga rawat inap di Rumah Sakit. Soraya pun menepis isu-isu yang beredar di masyarakat bahwa pasien BPJS Kesehatan akan dipulangkan setelah 3 hari.

“Saya di rawat inap hingga sembuh di Rumah Sakit. Artinya isu yang beredar dimasyarakat (dipulangkan 3 hari) sama sekali tidak benar” kata Soraya.

Pelayanan yang ramah dan cepat yang dirasakan Soraya menjadi pengalaman yang berharga bagi Soraya dan Soraya merasa bersyukur sekali menjadi ada Program JKN KIS dan telah menjadi peserta JKN KIS karena semua biaya kesehatan dari tindakan medis yang dilakukan oleh Fasilitas Kesehatan dijaminan Program JKN KIS. Sehingga jika sudah terdaftar menjadi peserta JKN KIS, tidak perlu khawatir lagi akan biaya jikalau kita membutuhkan pelayanan di fasilitas kesehatan.

“Saya adalah orang yang merasakan dengan nyata manfaat Program JKN KIS ini, untuk itu saya berharap semua masyarakat dapat ikut serta dalam Program JKN KIS ini, karena dengan Gotong Royong Semua Tertolong,” ujar Soraya.

(yitno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.