Workshop Assistensi RB, Cegah Penyimpangan dan Pemborosan Anggaran

Spread the love

Jurnalline.com, Sulawesi Utara – Workshop Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kabupaten/Kota Yang Menjadi Piloting Tim Asistensi RB (Reformasi Birokrasi) Daerah Provinsi Sulut, Selasa (21/05/2019) bertempat di Hotel Aston.

Menghadirkan Pemateri diantaranya; Kabid Penyiapan Perumusan Kebijakan RB Ibu Hatni dengan Materi Penyelenggara Reformasi Birokrasi, Evaluasi Penyelenggara (PMPRD), dan dari Tim Asistensi RB Daerah Prov. Sulut dengan materi Penguatan SAKIP.

Tujuan dilaksanakan Workshop SAKIP ini, adalah dalam rangka peningkatan nilai akuntabilitas kinerja pemerintah daerah dalam memperbaiki sistem manajemen,

“Penguatan SAKIP dipandang penting dan sangat perlu dilakukan sebagai strategi dalam mempertajam pemahaman dan persepsi, tentang penerapan sistem akuntabilitas kinerja, guna mendukung terwujudnya Reformasi Birokrasi” Imbuh Sekda

Dihadiri Oleh Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry R Korengkeng SH M.Si bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Ketua Tim Asistensi Kemenpan RB Wilayah Prov. Sulut / Kepala Biro Organisasi Setda Prov. Sulut Ibu Glady N L Kawatu SH M.Si, ASDEP Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan pengawasan Kemenpan RB Bapak Ronald Andrea Anas.

Dalam Pengantar Kata yang di sampaikan Oleh Ketua Tim Menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini yang telah memberi perhatian yang luar biasa kepada pemerintah provinsi dan kabupaten Minahasa pada khususnya dalam rangka mendukung penilaian SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah),

“Berharap dengan komitmen kita semua tahun depan kita akan memperbaiki nilai SAKIP pemerintah provinsi dan kabupaten minahasa, kami berharap minahasa dapat menjadi pelopor dalam menuju pemerintah yang akuntabel dan transparan.”

Guna menuju RB Kelas dunia, Karena Pemkab Minahasa mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat lewat kegiatan ini akan menghasilkan sesuatu yang dapat menghasilkan kualitas kinerja jajaran pemerintah kabupaten minahasa.

Dalam Mengimplementasikan SAKIP dengan baik, Instansi Pemerintah harus dapat memfokuskan kinerja pada hasil yang dirasakan oleh masyarakat, serta mewujudkan efektivitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran, mencegah penyimpangan dan pemborosan penggunaan anggaran.

Selain itu, ukuran keberhasilan menjadi jelas dan terukur serta dapat menetapkan program/kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian sasaran yang akan dicapai.

“Saya sangat Mengapresiasi Pemerintah kabupaten Minahasa Di bawah kepemimpinan ROR-RD yang sangat Luar biasa.” Ujar Bapak Ronald Anas

Menambahkan Asistensi ini merupakan transfer pengetahuan yang bersifat aplikatif dengan tujuan, memberi pemahaman untuk mendukung semua tugas dan tanggung jawab perangkat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan di instansi masing-masing.

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.