Masalah Sampah Pasar, Talumewoh : Perlu Ada Perhatian Semua Pihak

Spread the love

Jurnalline.com, Minahasa – “Sampah Pasar yang semakin menumpuk tepat berada di kompleks pasar langowan kabupaten minahasa, ini sangat disesalkan oleh tokoh masyarakat sekitar. ini jika dibiarkan tentunya dapat mengakibatkan sejumlah penyakit akan mudah di rasakan masyarakat.” tutur opa kepada wartawan media ini

Sementara itu pantauan wartawan dilokasi, sangat – sangat memprihatinkan karena sampah ini terus dibiarkan , dan saling lempar tanggung jawab.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Wenny Talumewoh mengatakan kami berupaya untuk mengantisipasi mengangkat sampah yang berada dilokasi pasar tersebut.

“Pemerintah akan menfasilitasi terkait sampah yang ada dilokasi tersebut, meski demikian ini menjadi kendala seperti angkutan sampah (Armada) yang belum memadai, dan tenaga kebersihan.” ujar Talumewoh

Saat ini usia Tempat Pembuangan Akhir (TPA), mulai tidak memadai, oleh karenanya disiapkan Bank Sampah dilokasi tersebut, sebagai upaya pengelolaan sampah yang masih perlu dibaharui.

” Alat berat sangat mahal, dan terkendala dengan anggaran, namun demikian kami terus bersinergi mencari inovasi agar dengan adanya kerjasama untuk pengelolaan sampah ini akan menjawab masalah sampah di minahasa.” papar Talumewoh

Menambahkan terkait dengan retribusi sampah bagi setiap para pedagang, dan masyarakat sekitar tanpa ada kerjasama tidak menjadi jaminan kebersihan teratasi.

Senada dengan Kumtua Waleure Tatty Pangkey mengungkapkan, suda kami himbau kepada masyarakat sekitar pasar langowan agar menjaga kebersihan.

” Ada kami dijumpai sampah dibuang di saluran irigasi, tentunya akan menumpuk sampai mengakibatkan saluran air tersumbat dan mengakibatkan air tergenang sampai ke jalan.” imbuh pangkey kami sebagai pemerintah desa mengharapkan terus menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Sama Halnya Dengan Camat Langowa Timur Ir Sisca Maseo MAP , mengungkapkan diperlukan kerjasama semua pihak, sinergi dengan program pemerintah kabupaten Minahasa, sehingga akan mampu meraih penghargaan Adipura.

“Mulailah ada kesadaran masyarakat, dalam menjaga kebersihan di mulai dari diri sendiri. lingkungan dan sekitarnya akan dapat memujudkan apa yang menjadi harapan bersama.” tutup maseo

Penulis : EffendyIskandar
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.