Mulawarman Peduli Koramil 06/Samboja Lestarikan Budaya Gotong Royong

Spread the love

Jurnalline.com, Tenggarong – Koramil 06/Samboja Kodim 0906/Tgr, terus berupaya untuk melestarikan budaya warisan leluhur, yaitu gotong royong. Hal ini terlihat dalam kegiatan “Jumat Bersih” yang digelar di jalan Balikpapan- Handil, Kel. Kampung lama, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Jumat (03/08/2019).

Dalam kegiatan itu, Komandan Koramil (Danramil) 06/Samboja Kapten Inf Masrum, beserta anggotanya, Ketua Rt 01 beserta warga, Kepala sekolah SMAN 1 Samboja Bp. H. Burhanudin Spd. Mpd. Beserta Siswa siswi 50 orang bersama-sama dengan Masyarakat sekitar, melaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan lingkungan, selokan yang penuh sampah, , dan sepanjang jalan Balikpapan- Handil, Kel. Kampung lama.

Tak hanya kegiatan Jumat Bersih, Koramil 06/Samboja ini juga kerap merangkainya dengan “Jumat Sehat”.

“Semua kegiatan di hari Jumat ini, menjadi cerminan bahwa lingkungan yang bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan masing-masing, sehingga akan menciptakan sikap yang sehat dalam hidup bermasyarakat,” ujar Burhanudin.

Menurutnya, tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan masyarakat, akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana di lingkungan akan terasa nyaman dan fasilitas di sekeliling kita dapat terpelihara dengan baik.

“Hal Ini merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai aparat kewilayahan. Sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk memberikan contoh dengan melakukan hal yang postif, terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari Jumat,” ungkap Danramil, Kapten Masrum.

“Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu rakyat akan lihat, dan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk ikut meniru. Selain itu, kegiatan Jumat Bersih juga akan melestarikan gotong royong sebagai salah satu budaya warisan para leluhur kita,” imbuhnya.

Penulis : Fram
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.