Melalui Program SERASI,1200 Hektar Lahan Di Ogan Ilir Akan Di Olah

Spread the love

Jurnalline.com, Ogan Ilir (Sumsel) – Salah satu Program Kementerian Pertanian Republik Indonesia “SERASI” Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani yang menyasar untuk meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan Produktivitas Pertanaman Padi di lahan rawa sentuhi lahan di Ogan Ilir.

Seluas 1200 Hektar lahan di Kabupaten Ogan Ilir siap di olah untuk meningkatkan pendapatan dari hasil pertanian dan sebagai lumbung pangan Indonesia.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan menunjukan implementasi Program Serasi.

Angka tersebut dari Kecamatan Pemulutan seluas 500 hektare,Kecamatan Muara Kuang 200 hektare,Kecamatan Tanjung Batu 300 hektar dan Kecamatan indralaya seluas 100 hektare.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Ogan Ilir H.Hasnandar Setiawan SE.MM saat di komfirmasi mengatakan bahwa Kabupaten Ogan Ilir mempunyai lahan rawa yang cukup luas,namun minat masyarakat untuk menyerap program ini belum maksimal,karena belum memahami inti dari program ini,sehingga ketika pemerintah mendata lahan masih banyak masyarakat yang menanyakan ganti rugi,”ungkapnya.

Di tambahkan H.Hasnandar saat ini pihaknya sedang fokus perencanaan,agar bisa meningkatkan PDB (Pendapatan Domestik Bruto)dengan SERASI kita harus mencoba menerapkan teknologi baru, yang semua pendekatannya menggunakan teknologi. sebab tanpa teknologi kita tidak akan bisa bersaing dengan negara lain,” jelasnya,Rabu (4/9) di ruang kerjanya.

Menurut dia, teknologi yang dimaksud meliputi proses pembibitan, perawatan sampai proses masa panen dengan menggunakan combine harvester atau alat canggih yang bisa memanen padi dengan sistem dalam waktu yang cepat.

Penulis : Fram
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.