Panglima TNI Tinjau Penyiapan Alutsista Untuk Pemadaman Karhutla Diwilayah Kalimantan Tengah

Spread the love

Jurnalline.com, Kalimantan Tengah – Siang ini, Jumat (13/09/2019) Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memeriksa secara langsung 1 Unit Pesawat CN 295 yang akan digunakan dalam operasi pemadaman Karhutla di wilayah Kalimantan Tengah.

Pesawat yang dalam kesehariannya dioperasionalkan oleh Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma ini tengah dipasangi sejenis konsul tambahan. Pemasangan konsul tersebut bertujuan agar pesawat nantinya mampu melaksanakan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) yaitu menurunkan hujan buatan di wilayah yang terdampak akibat Karhutla.

Sementara itu 1 unit pesawat C212 Casa telah beroperasi diwilayah Pekanbaru Riau untuk melaksanakan hal yang sama.

TNI juga tengah merencanakan pengiriman 1 unit pesawat C212 lagi dari Skadron Udara 4 Lanud Abdurrahman Saleh Malang untuk membantu pemadaman kebakaran hutan diwilayah Sumatera.

Saat ini pesawat tersebut sedang menjalani Period Inspection 100 (Perawatan Berkala Setiap 100 Jam) dan diharapkan pesawat ini dapat diberangkatkan pada hari Minggu (15/09/2019).

Turut mendampingi Panglima TNI dalam kegiatan ini Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.D.S.

Penulis : Khnza
Editor : Ndre
Autentikasi :
Kabidpenum Puspen TNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.