Sekdakab Tutup Latsar 123 CPNS Kab Minahasa

Spread the love

Jurnalline,com, Minahasa – Berbagai proses dan tahapan masa uji coba telah berhasil dilalui, dimana Perjalanan 120 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 untuk segera mengabdikan diri di lingkup pemkab Minahasa semakin mulus.

Hal ini disampaikan Kepada para Peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam kegiatan Penutupan LATSAR Oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Prov Sulut Ir. Jeffry Senduk di hadiri Staf Ahli Bidang Keuangan, Pembangunan dan Ekonomi Ir.Teddy Kamagi, Kepala BKPSDM Kabupaten Minahasa Drs Moudy L Pangerapan MAP.

“Selama 51 hari kerja, mereka digodok dalam kegiatan pelatihan dasar (latsar) yang diselenggarakan Pemkab Minahasa, bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) di Provinsi Sulawesi Utara.” ujarnya

Lanjutnya Selama pelatihan dan latihan dasar, kepada ratusan CPNS mendapat telah banyak pembekalan. Seperti arahan yang disampaikan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Minahasa, Frits Muntu S.Sos dalam acara penutupan Latsar, Jumat (20/09/2019).

“Tugas seorang PNS adalah melayani masyarakat.”

Untuk itu harus dijalani sebaik baiknya dengan kesabaran dan keikhlasan sehingga masyarakat yang dilayani merasa puas, Jadilah pelayan masyarakat yang sabar, Ikhlas dan murah senyum agar masyarakat puas dan senang, pesan Muntu mewakili Bupati Ir Royke Oktavian Roring, MSi mengucapkan selamat atas kelulusan seluruh peserta pelatihan dasar ini.

“Lewat kegiatan Laksar dan pasca pelatihan ini para CPNS harus mampu menguasai seluruh materi yang sudah dipelajari yang kemudian diterapkan dalam melaksanakan tugas di unit kerja masing masing.” Harapnya

Sementara itu, Kepala Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kabupaten Minahasa Drs Moudy Pangerapan MAP dalam pelaksanaan Latsar ini dimana ada total ada 123 CPNS yang difasilitasi Pemkab Minahasa.

“Untuk Minahasa jumlahnya ada 120 orang CPNS yang lulus seleksi, sedangkan untuk 3 CPNS lainnya adalah titipan dari Pemerintah Kota Tomohon,” urai Pangerapan pelaksanaan Latsar dimulai sejak 29 Juli 2019 yang bertempat di Kantor BPMSDMD Sulut, Maumbi, Minahasa Utara. Selama 51 hari pelatihan, peserta mengikuti tiga tahapan yakni 18 hari on campus, 30 hari off campus dan 3 hari evaluasi.

“Dikatakannya dari jumlah 123 CPNS, ada sebanyak 112 peserta dari golongan II dan golongan III Mereka terbagi atas tiga kategori formasi, masing-masing tenaga guru 38 peserta, tenaga kesehatan 48 peserta dan tenaga teknis 37 peserta,” urainya.

Diketahui Selama Latsar, peserta mendapatkan kurikulum pembentukan karakter PNS, diantaranya tentang sikap prilaku Bela Negara, Nilai-nilai Dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta HABITUASI

“Tentunya Iya mengharapkan melalui pelatihan dasar (Laksar) ini, para peserta CPNS akan mempunyai kompetensi yang menunjukan sikap prilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam melaksanakan tugas jabatanya,” Imbuhnya menambahkan agar peserta yang lulus ini juga dapat mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI serta menunjukan penguasan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugasnya.

Penuls : EffendyIskandar
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.