Hebat, Stand Korem 071/Wijayakusuma Raih Prestasi Pameran Perpustakaan dan Arsip Jawa Tengah

Spread the love

Jurnalline.com, Banyumas – Korem 071/Wijayakusuma turut serta berpartisipasi dalam Pameran Perpustakaan dan Arsip Jawa Tengah yang dilaksanakan di Rita Mall, Purwokerto. Pameran dibuka oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah mewakili Gubernur Jawa Tengah. Turut hadir Bupati Kabupaten Banyumas beserta jajarannya. Kegiatan pembukaan pameran diawali dengan pembacaan puisi dan Tarian Indonesia yang ditampilkan oleh anak-anak tunarungu dari SLB Yakut Purwokerto.

Pameran dengan tema “Dari Jawa Tengah menuju Indonesia pintar dan bermartabat” ini digelar dari tanggal 17 s.d 20 Oktober 2019. Adapun maksud dan tujuan dari pameran untuk mendukung pemerintah Jawa Tengah dalam promosi kearsipan dan perpustakaan, sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat dan mengembangkan program perpustakaan berbasis inklusi sosial, dalam rangka sosialisasi dan publikasi agar minat baca masyarakat semakin meningkat.

Pameran Perpustakaan dan Arsip Jawa Tengah diikuti oleh 62 stand yang terdiri dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kota Provinsi Jawa Tengah, instansi vertikal seperti OJK, Museum BPK dan Balai Konservasi Borobudur. Kegiatan ini juga didukung dengan lomba audio visual berwawasan kebangsaan, edukasi dan seminar, bedah buku, dan sinema anak bangsa.

Bupati Banyumas Banyumas, Ir. H. Ahmad Husain, berharap pameran dapat sukses dan berhasil merubah mindset masyarakat, bahwa membaca adalah harga diri, membaca adalah uang, membaca adalah kerja, dan membaca adalah sukses. Karena orang sukses biasanya suka membaca.

Sambutan Gubernur Jawa Tengah yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, disebutkan bahwa orang hebat harus ber-literasi. Pameran merupakan salah satu edukasi kepada masyarakat. Perpustakaan yang hebat tidak hanya melayani dan meminjamkan buku tetapi juga mencipatakan komunikasi antara stakeholder. Dengan edukasi akan terbuka wawasan, kemampuan dan harga.

Dalam pameran perpustakaan dan arsip Jawa Tengah ini, pada penutupan ditutup oleh Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Dinas Kearsipan Prop. Jawa Tengah, Drs. Nugroho, M.M., pada Minggu (20/10/2019) bertempat di Rita Super Mall Purwokerto, Banyumas, Korem 071/Wijayakusuma yang baru pertama kalinya turut serta andil sebagai peserta berhasil meraih prestasi terbaiknya dalam Stand Pameran Perpustakaan dan Arsip Tingkat Jawa Tengah dengan menggondol Juara II Stand TNI.

Sementara itu, Pasi Binkomsos Siterrem 071/Wijayakusuma, Mayor (K) Cba Rr. Sri Harjani, E.D.A.,S. Sos., mengatakan Stand TNI diisi oleh Korem 071/Wijayakusuma beserta jajarannya menampilkan produk unggulan seperti pupuk Wijayakusuma Nutrion dan Watergaz, Kodim 0702/Pbg menampilkan Babinsa unggulan terkait olahan limbah kayu menjadi nilai ekonomis yang bisa menginspirasi masyarakat, Denbekang IV-44-01 Purwokerto dan Denpom IV/1 Purwokerto terkait perlengkapan dan Gamad TNI, Ajenrem 071/Wk terkait Kampanye militer/Werfing penerimaan prajurit TNI.

Penulis : Fram/Dp
Editor : Ndre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.