Komandan Lantamal XIII/Tarakan Lepas Satlat Jalasesya 2019

Spread the love

Jurnalline.com, Tarakan –
Usai memberi wejangan kepada Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-67 yang tegabung dalam Satuan Latihan (Satlat) Jalasesya tahun 2019 di KRI Teluk Ende-517, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIII/Tarakan Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T. melepas keberangkatan Satuan Latihan (Satlat) Jalasesya guna melaksanakan pelayaran kembali menuju Surabaya. Rabu (22/10).

Hadir pada acara pelepasan, Komandan Lantamal Tarakan beserta jajaran, Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Binsar Alfred Sitorus, ibu-ibu Jalasenastri dan rombongan Pemkab Kutai Timur.

Selama 3 hari KRI Teluk Ende yang membawa Satlat Jalasesya Taruna dan Taruni AAL berlabuh di Pelabuhan Tanjung Bara Kutai Timur, mereka Taruna dan Taruni AAL telah melaksanakan serangkaian kegiatan sosialisasi serta promosi ke sekolah-sekolah SMA, dalam rangka menarik minat generasi muda Kabupaten Kutai Timur untuk ikut bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Laut. Taruna dan Taruni AAL di Kutai Timur juga melaksanakan kunjungan silaturahmi ke pemerintahan setempat. Tidak hanya kunjungan silaturahmi dan sosialisasi saja, mereka juga makan malam bersama di Lanal Sangatta.

Sementara itu, pada acara pelepasan, Komandan Lantamal Tarakan memberi sambutan kepada Taruna dan Taruni AAL, agar selalu berpegang pada pendirian, tidak mudah terpengaruh, bertindak dengan tanggung jawab dan mampu bersaing secara global. “Kejujuran akan membentuk karakter, dimanapun kalian ditugaskan”.

Latihan yang berlangsung selama 12 hari dengan rute pelayaran dari Surabaya-Banjarmasin-Sangata-kembali lagi ke Surabaya, dari tanggal 14 Oktober sampai dengan 25 Oktober 2019 ini, diikuti Komandan Satgas Pelayaran Letkol Laut (P) Cokorda Gede Parta P. , yang juga selaku Komandan KRI Teluk Ende dengan sejumlah kru dan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Satlat Jalasesya Mayor Laut (P) H Hutabarat dengan 20 orang anggota tetap AAL selaku pembina serta 88 personel Taruna AAL Angkatan ke-67 dari Korps Pelaut, Teknik, Elektronik dan Korps Suplai.

Tujuan latihan dan praktek Jalasesya bagi Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut adalah memberikan gambaran secara langsung dan mengaplikasikan pengetahuan navigasi, permesinan, elektronika, logistik kapal dan kebaharian serta pengenalan secara umum kehidupan di kapal, sehingga memiliki pengetahuan/kecakapan sesuai Korps. Sedangkan sasarannya adalah setelah mengikuti Lattek Jalasesya. Taruna Korps Pelaut akan mampu mempratekkan kegiatan-kegiatan bernavigasi dalam pelayaran serta kebaharian yang ada di kapal. Taruna Korps Teknik akan mampu mempraktekkan sistem alat penggerak di kapal serta mesin bantu saat berlayar atau sandar. Taruna Korps Elektronik akan mampu mempraktekkan secara garis besar fungsi serta kegunaan pesawat elektronika di kapal dan Taruna Korps Suplai akan mampu mempratekkan tentang sistem administrasi umum, perbekalan dan keuangan di kapal.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Kabagpen AAL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.