Prime talk Metro TV Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya Narasumber Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta –Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menjelaskan secara umumnya Jakarta dalam keadaan stabil dan aman serta kondusif, Pangdam Jaya mengatakan sesuai dengan UU No 9 tahun 1998 tentang penyampaian pendapat dimuka umum bagi seseorang atau kelompok harus menyampaikan pemberitahuan dulu, kemudian tidak melanggar aturan serta tidak anarkis apalagi sampai malam hari.

Pangdam Jaya pun menyampaikan pada saat pengambilan sumpah dan pelantikan ada tiga ring pengamanan yang disiapkan diantaranya ring satu Paspampres, ring dua dari unsur TNI dan ring tiga Gabungan antara TNI dan Polri serta unsur lainnya. Ini merupakan momentum besar yang di liput oleh media Internasional, semua mata dunia tertuju kepada bangsa kita yang telah melakukan proses demokrasi yang semakin dewasa serta tidak perlu ditakuti.

Dijelaskan pula Kodam Jaya dalam melakukan pengamanan menggunakan protaf Pamwaskita, sesuai UU No 34 tahun 2004 tugas pokok TNI diantaranya melakukan pengamanan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarga, mantan Presiden dan Wakil Presiden serta pengamanan terhadap tamu-tamu negara setingkat kepala negara dan pemerintahan, dengan demikian para tamu negara setingkat kepala pemerintahan yang akan hadir saat pelantikan nantinya akan dilakukan pengamanan, dimulai kedatangan sampai dengan kembalinya. Pangdam Jaya menjelaskan TNI dan Polri telah melaksanakan apel gabungan yang dipimpin oleh Panglima TNI dan Kapolri. TNI dan Polri selalu bersinergi dan Solid dalam segala hal jangan ragukan lagi jelas Pangdam Jaya, kemudian selain itu objek-objek vital seperti gedung DPR/MPR, Istana Negara, bandara, hotel sampai dengan rute perjalanan akan dilakukan pengamanan antara TNI dan Polri. Data sampai saat ini sudah 9 Kepala Negara dan 10 utusan yang sudah menyampaikan akan hadir nantinya, sehingga para kepala negara akan dilakukan pengamanan menjelang kedatangan sampai dengan kembalinya tamu negara tersebut.

Selaras dengan Pangdam Jaya, Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Gatot Eddy Pramono menyampaikan ada 30 ribu personel di kerahkan pada saat pelantikan nantinya. Dijelaskan pula TNI dan Polri selalu bersinergi dan berkolaborasi dalam mengamankan baik itu sebelum sampai dengan jelang pelantikan nanti, Kapolda juga mengatakan selalu melakukan deteksi dan meminimalisir terhadap perkembangan potensi yang akan mengganggu. Dan berkoordinasi dengan Pangdam Jaya terus menerus yang dimulai dari proses pemungutan suara sampai dengan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, seluruh sentral ekonomi akan dilakukan pengamanan antara TNI dan Polri jelas Kapolda Metro Jaya.

Diakhir acara Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya menghimbau mari kita sukseskan pengambilan sumpah dan pelantikan Presiden dan wakil presiden dengan aman, damai, lancar serta gembira. Kita tunjukkan pada dunia Internasional serta tamu negara yang hadir bahwa bangsa Indonesia telah melakukan Demokrasi dapat berjalan dengan baik, lancar dan damai.

Penulis : Fram
Editor : Ndre
Sumber : Mc-KJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.