Mendagri Tito Karnavian Beri Penghargaan Anugerah Swasti SABA Kepada Enam Provinsi dan 177 Kabupaten Kota

Spread the love

Jurnalline.com, Jakarta – Topik kesehatan merupakan isu strategis dan sentral dalam rangka mendukung program prioritas pembangunan nasional yang berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dalam menghadapi bonus demografi, hal ini menarik sesuai visi Bapak Presiden Jokowi lima tahun ke depan, yaikni bidang kesehatan.

Hal ini disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian saat memberikan penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019 bersama dengan Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto bertempat di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11).

Tempat kita bermukim yang sehat dan sejahtera adalah di Kabupaten/Kota tempat kita berada, Oleh karenanya kesehatan merupakan aspek yang penting untuk pembangunan SDM, terutama dalam menghadapi bonus demografi.

Kegiatan yang turut dihadiri Gubernur, Bupati/Walikota peraih penghargaan tersebut, Tito juga menyampaikan berdasarkan hasil pleno antara Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan pada 15 Oktober 2019 lalu di Kementerian Kesehatan dicapai kesepakatan untuk diberikan penghargaan kepada 177 Kabupaten/Kota yang telah lolos verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan, 6 provinsi sebagai Tim Pembina Provinsi terbaik dan 3 orang sebagai influencer yang berdedikasi dalam penyelenggaraan KKS di tingkat provinsi.

Berikut kategori penerima penghargaan di Tahun 2019 yang diberikan kepada influencer (orang-orang yang berdedikasi dalam penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat), di tingkat Provinsi yaitu Muslimin (Forum KKS Provinsi Sulsel), satu-satunya provinsi yang membentuk forum provinsi di luar kelembagaan, Jeane Mandu (ASN Dinkes Sulut), dan Suroso (ASN Dinkes Jambi).

Kedua, dari 13 Tim Pembina KKS Provinsi yang mengusulkan dokumen untuk diverifikasi oleh Tim Verifikasi Pusat, didapat hasil 6 Provinsi sebagai Tim Pembina KKS Provinsi Terbaik yaitu Tim Pembina KKS Provinsi Sulawesi Selatan, Tim Pembina KKS Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tim Pembina KKS Provinsi Jawa Barat, Tim Pembina KKS Provinsi Sulawesi Utara, Tim Pembina KKS Provinsi Jambi dan Tim Pembina KKS Provinsi Sumatera Barat.

Selanjutnya dua Kategori penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan, Terawan kepada masing-masing peraih peghargaan Ketiga, 60 Kabupaten/Kota penerima penghargaan kategori Swasti Saba Padapa. Adapun 6 Kabupaten/Kota diberikan simbolis yaitu Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Bangka Tengah, Kota Ternate, Kota Pangkal Pinang, Kota Pematang Siantar, Kota Sibolga, Kabupaten Musi Banyuasin dan Kota Lubuk Linggau.

Keempat, 29 Kabupaten/Kota penerima penghargaan kategori Swasti Saba Wiwerda, di 6 (enam) Kabupaten/Kota diberikan simbolis yaitu Kota Mojokerto, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Nganjuk, Kota Batu dan Kabupaten Klungkung.

Kelima, bagi 88 Kabupaten/Kota penerima penghargaan kategori Swasti Saba Wistara. Adapun 6 Kabupaten/Kota diberikan simbolis yaitu Kota Tangerang, Kota Bitung, Kota Pare-Pare, Kota Semarang, Kabupaten Lamongan dan Kota Solok.

Ketiga kategori penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada masing-masing peraih penghargaan.Dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat, bahwa setiap dua tahun sekali akan diberikan penghargaan Swasti Saba bagi Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan dan mengikuti verifikasi Kabupaten/Kota Sehat.

“Penyelenggaraan verifikasi Kabupaten/kota 2019 telah dilaksanakan pada bulan Mei hingga Oktober 2019 di 202 Kabupaten/Kota serta 29 Provinsi dan menghasilkan peraih penghargaan di atas.”

Penulis : EffendyIskandar/Red
Editor : Fay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.